Kompas TV nasional peristiwa

Jabat Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial, Suharto Siap Jalankan 14 Strategi untuk Aparatur Peradilan

Kompas.tv - 15 Mei 2024, 12:17 WIB
jabat-wakil-ketua-ma-bidang-non-yudisial-suharto-siap-jalankan-14-strategi-untuk-aparatur-peradilan
Presiden Joko Widodo melantik Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial hari ini, Rabu (15/5/2024). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Non-Yudisial Suharto sebut akan jalankan 14 strategi untuk menjadikan aparatur peradilan yang berintegritas.

Hal tersebut disampaikan Suharto usai dilantik sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Non-Yudisial di Istana Negara, Rabu (15/5/2024).

“Setidaknya berulangkali dikemukakan oleh yang mulia KMA (Ketua Mahkamah Agung) bahwa langkah-langkah yang telah diambil oleh Yang Mulia KMA adalah ada 14 strategi yang terkait dengan aparatur peradilan,” kata Suharto, dikutip dari Breaking News KompasTV.

Antara lain, kata Suharto, mulai dari diadakan rotasi agar ada mekanisme pembersihan untuk jabatan-jabatan tertentu dengan cara menerapkan seleksi.

Baca Juga: Jokowi Lantik Suharto sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial

“Ada SK KMA 349, sehingga asisten, karena yang paling bersentuhan dengan para yang mulia Hakim Agung itu adalah asisten dan staf-staf aparatur peradilan yang berhubungan langsung dengan para yang mulia maka ini masuknya ke Mahkamah Agung diseleksi sangat ketat,” kata Suharto.

“Termasuk profile assessment-nya, termasuk LHKPN-nya, termasuk laporan PPATK-nya, semua dilaksanakan dengan seleksi yang sangat ketat sehingga lama-lama yang melingkupi para yang mulia hakim agung adalah para aparatur peradilan ataupun hakim asisten yang betul-betul berintegritas. Sehingga step-by-step ke depan Insyaallah akan menjadi lebih baik seperti harapan publik.”


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x