Kompas TV nasional rumah pemilu

Jubir: Muhaimin Mundur dari Jabatan Tunggu Realisasi Mahfud, kalau Bisa Sebelum 14 Februari 2024

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 10:00 WIB
jubir-muhaimin-mundur-dari-jabatan-tunggu-realisasi-mahfud-kalau-bisa-sebelum-14-februari-2024
Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dalam debat cawapres kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Calon Wakil Presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar akan mengikuti jejak Mahfud MD untuk mundur dari jabatan.

Tetapi hal tersebut baru akan dilakukan Muhaimin Iskandar setelah Mahfud MD benar-benar mundur dari posisi Menko Polhukam.

Hal tersebut disampaikan oleh Jubir Timnas Anies-Muhaimin, Syahganda Nainggolan dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Jumat (26/1/2024).

“Ya saya pikir dari statement terakhir Pak Muhaimin Iskandar itu keliatan bahwa, Pak Muhaimin sama dengan Pak Mahfud, bahwa kekuasaan bukan segala-galanya,” kata Syahganda.

Baca Juga: Respons Panelis Sulistyowati Irianto tentang Debat Keempat: Semua Substansi Relatif Tidak Tergali

“Kan pak Muhaimin mengatakan sangat mengapresiasi dan sangat mendukung Prof Mahfud, jadi saya pikir kita menunggu Prof Mahfud merealisasikan janjinya untuk mundur, kalau bisa sebelum tanggal 14 Februari supaya kita dari 01 juga bisa memikirkan untuk Pak Muhaimin mengambil sikap.”

Syahganda beralasan, Muhaimin akan mundur setelah Mahfud MD benar-benar melepas jabatan menteri karena cawapresnya tersebut menganggap Mahfud MD sebagai guru.

“Karena Prof Mahfud ini dia profesor, dia guru, dia mengajarkan etika kepada Jokowi dan kepada Prabowo tentunya untuk tidak menyalahgunakan fasilitas- fasilitas negara demi kepentingan pribadi,” ucap Syahganda.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar menyambut baik keinginan Mahfud untuk mundur dari jabatan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan.

“Ya sangat baik, kandidat tidak memanfaatkan fasilitas negara, sekaligus pemain tidak merangkap sebagai wasit,” kata Cak Imin usai Haul Mbah Kyai Abu Amar Khotib di Pondok Pesantren Ar Roudloh Berbaur, Paserepan, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga: Guru Besar UI: Penguasa Lakukan Kekerasan Budaya, Menyerang Kesadaran dan Mengikis Nilai-nilai Baik

Mahfud MD menyampaikan keinginannya untuk mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam sudah lama. Bahkan, kata Mahfud, hal itu dirasakannya ketika akan melakukan debat pertama.


“Saya merencanakan mengundurkan diri sebenarnya sudah lama ketika akan mulai debat pertama,” kata Mahfud MD.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x