Kompas TV nasional rumah pemilu

Puan: DPR akan Tetap Bekerja Optimal di Tengah Masa Kampanye Pemilu 2024

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 13:35 WIB
puan-dpr-akan-tetap-bekerja-optimal-di-tengah-masa-kampanye-pemilu-2024
Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2024). (Sumber: Narda Margaretha Sinambela/Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan parlemen akan tetap bekerja optimal di tengah masa kampanye Pemilu 2024. 

Ia menyebut DPR akan tetap menjalani tugas-tugas sesuai konstitusi, termasuk mengawasi kinerja pemerintah. 

"DPR RI akan tetap berkomitmen untuk menjalankan tugas-tugas konstitusional secara efektif, khususnya dalam merespons hal-hal yang sangat mendesak dan strategis," kata Puan saat berpidato dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang III tahun 2023-2024 di gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga: Begini Cara Cek Daftar Caleg DPR, DPD, dan DPRD di Pemilu 2024 via Situs Resmi KPU

Dalam tugas legislasi, Puan menyatakan DPR akan melanjutkan pembahasan 19 rancangan undang-undang (RUU) yang saat ini masih dalam tahap pembahasan tingkat satu. 

Selain itu, ada 34 RUU yang akan segera masuk daftar pembahasan tingkat satu. 

"Kompleksitas dalam membentuk undang-undang sangat ditentukan oleh seberapa banyak perbedaan perspektif dan kepentingan antarpihak yang akan diatur dalam undang-undang tersebut," kata Puan.

Menurutnya, DPR dan pemerintah akan selalu mencari titik temu dalam setiap pembahasan RUU. Ia menegaskan, DPR akan selalu mengutamakan kepentingan rakyat.

"DPR RI bersama pemerintah dalam membentuk undang-undang, selalu mencari titik temu yang mengutamakan kepentingan negara dan juga memperhatikan aspirasi publik," kata Puan.

Baca Juga: 18 Parpol Telah Sampaikan LADK: PDI-P dan PSI Peringkat Pertama Pengeluaran Dana Kampanye Tertinggi

KPU telah menetapkan masa kampanye Pemilu 2024 mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Pemungutan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x