Kompas TV nasional rumah pemilu

Megawati di HUT ke-51 PDIP: Kita Bisa Seperti Ini Bukan karena Elite, Presiden dan Menteri

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 11:48 WIB
megawati-di-hut-ke-51-pdip-kita-bisa-seperti-ini-bukan-karena-elite-presiden-dan-menteri
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di dalam pidato politiknya dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, partainya bisa menjadi besar seperti sekarang ini karena kekuatan akar rumput yang ia tanamkan sejak dahulu. 

Ia mengatakan, partainya bisa menjadi besar bukan karena kekuatan elite, presiden dan menteri. 

Hal itu ia katakan dalam pidato politiknya dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). 

Baca Juga: Megawati: Pemilu Bukan Alat Elite Politik untuk Melanggengkan Kekuasaan dengan Segala Cara

"51 tahun kita bisa menjadi seperti ini bukan karena elite, bukan karena presiden, bukan karena menteri. Tapi karena rakyat yang mendukung kita," kata Megawati. 

Megawati menyebut rakyat seperti akar rumput. Sebab, rumput itu tidak pernah menyerah dan selalu tumbuh di manapun. 

"Ia mampu tumbuh di gunung, di tanah gersang, subur, dan sampai juga di luar. Rumput memiliki daya survival yang tinggi, sehingga meskipun dibakar, dipotong, dimatikan, dicabut, tetap akan selalu tumbuh." 

"Karena akarnya selalu siap untuk tumbuh kembali. Tolong ingat! Itulah rakyat," kata Megawati.

Ia menyatakan, akar rumput itu selalu bergandengan dengan erat dengan partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut.


 

"Yang ini dicabut, yang ini merana tapi tidak mati," kata Megawati.

Oleh sebab itu, Megawati mengajak seluruh kader PDIP untuk bergandengan tangan bersama rakyat. Menurutnya, itu merupakan kekuatan yang nyata dalam menghadapi situasi saat ini.

"Dengan erat, kokoh, dan kuat. Sama dengan akar rumput di PDI Perjuangan, mengakar dan solid bergerak. Karena itulah betapa pentingnya turun ke bawah, ke akar rumput, ke rakyat."

"Perkuatlah akar rumput, sebab itulah kekuatan riil kita. Camkan hal ini sebagai sebuah napas kontemplasi kita," katanya.

Dalam agenda HUT ke-51 PDIP turut dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Baca Juga: Jokowi Absen HUT PDIP, Begini Kata Ganjar

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan kader PDIP berhalangan hadir. Sebab tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri sampai 14 Januari 2024.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x