Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo Diserang Anies dan Ganjar saat Debat, TKN: Wajar, karena Beliau Unggul

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 13:34 WIB
prabowo-diserang-anies-dan-ganjar-saat-debat-tkn-wajar-karena-beliau-unggul
Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Airlangga Hartarto di Istora Senaya, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Airlangga Hartarto menilai wajar bila Prabowo mendapatkan serangan dalam debat dari dua capres lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Menurut Airlangga, Prabowo telah menguasai materi debat yang mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri, sehingga diserang oleh lawannya. 

"Yang unggul pasti diserang, karena perbedaannya sudah relatif tinggi, jadi itu biasa-biasa saja (diserang di debat)," kata Airlangga kepada wartawan, Minggu malam (7/1/2024). 

Baca Juga: Anies Kasih Nilai 11 dari 100, Ganjar Beri Skor 5 Untuk Sektor Pertahanan, Ini Alasannya

Ketua Umum DPP Partai Golkar itu menjelaskan, yang disampaikan calon presiden nomor urut 2 dalam debat ketiga sudah dilakukan pemerintah. 

 "Apa yang dijawab itu adalah jawaban-jawaban yang sudah dilakukan oleh pemerintah, termasuk Pak Prabowo. Bukan dalam tataran teori, itu best practice," kata Airlangga.

Airlangga menyebut pernyataan Prabowo sesuai dengan kenyataan, yaitu pemerintah harus mengalihkan anggaran akibat pandemi Covid-19. 

Saat itu, ia yang memutuskan agar anggaran negara difokuskan untuk penanganan pandemi, karena dirinya ditunjuk sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). 
 
"Saya memimpin penanganan Covid-19 diperintahkan Pak Presiden langsung, dan itu kepentingannya adalah untuk rakyat yang pertama," imbuhnya, menegaskan. 

"Jadi sudah sesuai dengan UUD bahwa kesejahteraan rakyat dan keamanan rakyat adalah yang utama. Itulah yang dilakukan (Prabowo). Jadi yang disampaikan sudah benar," kata Airlangga.
 
Ganjar Pranowo memberi skor lima untuk sektor pertahanan yang kini dipimpin oleh Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut dua Prabowo Subianto.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar kala ditanya capres nomor urut satu Anies Baswedan dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (7/1/2024).

Mulanya Anies meminta Ganjar untuk memberikan nilai terhadap sektor pertahanan, mengingat sebelumnya Eks Gubernur Jawa Tengah itu sempat memberi nilai lima pada sektor penegakan hukum.

"Pak Ganjar pertanyaan ini terkait dengan kinerja Kementerian Pertahanan, di sisi lain Bapak juga pernah beri penilaian 5 kinerja hukum Indonesia, pertanyaan terkait pertahanan berapa skor yang bapak berikan atas kinerja Kemhan yang dipimpin Bapak Prabowo?" kata Anies ke Ganjar.

"Sama (skor) lima juga," jawab Ganjar ke Anies, dikutip dari tayangan Live KompasTV.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga turut menanyakan hal yang sama kepada Anies, yakni terkait skor sektor pertahanan Indonesia.

Baca Juga: TKN: Kritik Anies ke Prabowo Sifatnya Personal, Tak Ada Hubungannya dengan Kinerja Kemenhan

Eks Gubernur DKI Jakarta itu kemudian memberikan nilai 11 dari 100 untuk sektor pertahanan.

"Mas Anies enggak usah takut sebut saja angka berapa gitu loh kaya saya, jangan di bawah lima, sebut aja berapa ," kata Ganjar.

"11 dari 100," jawab Anies.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x