Kompas TV nasional rumah pemilu

Beragam Fakta dan Tanggapan usai JK Dukung Anies Muhaimin di Pilpres 2024

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 12:27 WIB
beragam-fakta-dan-tanggapan-usai-jk-dukung-anies-muhaimin-di-pilpres-2024
Bacapres Anies Baswedan dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) di rumah JK, di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023) pagi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah tanggapan dan fakta muncul setelah Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan dukungannya kepada pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Dukungan JK untuk pasangan Anies-Muhaimin tersebut terbuka saat menghadiri acara silaturahmi Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Timnas Pemenangan Amin di Gedung Islamic Centre IMIM, Makassar, Selasa (19/12/2023) malam.

"Jadi hari ini, di Makassar ini, saya menyampaikan sikap (dukung Amin). Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk Anda semua," kata Jusuf Kalla.

Menurut JK,  Anies bisa dikatakan sebagai muridnya dalam politik karena selama ini ia banyak memberikan masukan kepada Anies tentang permasalahan bangsa.

Baca Juga: Capres Anies Soal Dana Kampanye Hanya Rp1 Miliar, Sebut "Banyak Patungan, Inilah Gerakan Rakyat!"

"Boleh dibilang saya mengajarkan politik Anies dulu di Universitas Paramadina tiap Jumat kita makan siang sama-sama. Dan saya memberikan mereka isu-isu dan pengalaman politik tiap Jumat,” ujarnya.

Beragam tanggapan pun muncul setelah pernyataan dukungan tersebut.

Dari Partai Golkar misalnya, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menyayangkan keputusan JK.

Ace menyebut, seharusnya JK sebagai politikus senior di partai berlambang pohon beringin itu taat keputusan partai, yakni mendukung capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kami sudah bulat dengan hasil keputusan organisasi. Siapa pun seharusnya taat terhadap keputusan partai," kata Ace kepada wartawan, Rabu (20/12/2023).

Meski demikian, ia memastikan sikap JK mendukung AMIN tak akan mengganggu kesolidan Partai Golkar dalam memenangkan Prabowo-Gibran.

"Partai Golkar tak tergangggu dengan sikap politik Pak JK yang berbeda dalam Pemilihan Presiden 2024," katanya.

"Kami tetap konsisten dengan dukungan kami kepada Prabowo-Gibran yang telah diputuskan dalam Rapimnas Partai Golkar 2023," imbuh Ace, menegaskan.

Sedangkan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai NasDem Jakfar Sidik, yang juga Wakil Deputi Saksi dan Pengorganisasian Timnas AMIN menyebut akan membuat Timnas mendapatkan banyak gagasan serta taktik untuk menang.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x