Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Ingatkan Agar 3 Paslon Tak Lakukan Aksi Memanas-manasi Penonton Debat

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 07:33 WIB
kpu-ingatkan-agar-3-paslon-tak-lakukan-aksi-memanas-manasi-penonton-debat
Kolase Capres-Cawapres RI 2024, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengingatkan  tiga pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) agar tidak melakukan aksi memanas-manasi penonton.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Peringatan itu disampaikan setelah berkaca pada insiden pada debat capres perdana 12 Desember lalu, ketika cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berdiri dan memberi semangat para pendukungnya.

Baca Juga: Hitungan Hari Menuju Debat Perdana Cawapres, Bagaimana Persiapan Cak Imin-Gibran-Mahfud?

Menurut Hasyim, tindakan semacam itu menyalahi aturan dan pihaknya telah mewanti-wanti tim ketiga paslon agar kejadian serupa tak terulang pada empat debat selanjutnya. 

"Ya dalam rapat evaluasi sudah kita sampaikan hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang disepakati di awal,” tuturnya.

“Ya misalkan ada cawapres yang memberikan tanda atau kode atau gerakan yang katakanlah menyemangati pendukungnya, sebenarnya itu tidak boleh," tambah Hasyim.

Ia menambahkan, pihaknya telah menegur langung tim Prabowo-Gibran dalam rapat evaluasi yang telah dilakukan.


"Kita sampaikan di dalam rapat evaluasi kemarin, kita sampaikan teguran pada rapat evaluasi kemarin," tegasnya.

Hasyim menyebut, berdasarkan evaluasi dan teguran yang disampaikan oleh KPU, semua tim pasangan capres-cawapres menyatakan sepakat untuk menjaga ketertiban debat sesuai dengan kesepakatan awal antara KPU RI dengan para paslon capres-cawapres.

Baca Juga: Jelang Debat Perdana Cawapres, Gibran Rakabuming Raka Sebut Dirinya Dalami Materi!

"Masing-masing tim paslon menyepakati hal-hal yang sudah disepakati sejak awal itu supaya kemudian ada peneguhan komitmen supaya tertib, sesuai dengan kesepakatan sesuai dengan (kesepakatan) pasangan calon dan KPU," ungkap Hasyim.

Sebelumnya, saat debat capres di Kantor KPU RI pada 12 Desember lalu, Gibran sempat berdiri dari kursinya dan membakar semangat pendukungnya dengan isyarat tangan.




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x