Kompas TV nasional rumah pemilu

MenPANRB Ingatkan soal Netralitas ASN dalam Pemilu: Hati-Hati Gunakan Medsos

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 15:10 WIB
menpanrb-ingatkan-soal-netralitas-asn-dalam-pemilu-hati-hati-gunakan-medsos
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengimbau aparatur sipil negara (ASN) tetap menjaga netralitas saat Pemilu 2024 berlangsung. (Sumber: Menpan.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengimbau aparatur sipil negara (ASN) tetap menjaga netralitas saat Pemilu 2024 berlangsung.

Ia menekankan, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat.

Ketidakprofesionalan ASN saat pesta demokrasi akan menyebabkan target-target pemerintah di tingkat lokal maupun di tingkat nasional, tidak akan tercapai dengan baik.

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Penguatan Kebijakan Pelayanan Publik melalui Peningkatan Profesionalisme ASN di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (18/12/2023).

“Netralitas memiliki prinsip tidak berpihak, bebas dari pengaruh, dan imparsial. Jika ASN tidak netral, pelayanan publik akan terhambat karena kinerja ASN menjadi tidak profesional,” kata Anas, dikutip dari laman resmi Kementerian PANRB. 

Baca Juga: MenPANRB: 3.246 ASN Pindah ke IKN pada Juli hingga November 2024

Ia menyebut, dalam UU No. 20/2023 tentang ASN disebutkan bahwa ASN wajib menjaga netralitas. 

Netralitas yang dimaksud adalah tidak berpihak pada segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak pada kepentingan lain di luar kepentingan bangsa dan negara, termasuk kepentingan politik.

"ASN tetap punya hak pilih, namun hanya bisa diberikan di bilik suara, tidak di media atau kanal lain," ujar mantan Bupati Banyuwangi itu.

Anas menyampaikan, ASN perlu mencermati potensi gangguan netralitas yang bisa terjadi dalam setiap tahapan Pemilu dan Pemilihan Umum Kepala Daerah. 



Sumber : KOMPAS TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x