Kompas TV nasional rumah pemilu

Profil Moderator Debat Capres-Cawapres 2024 Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel, Ini Sosoknya

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 12:23 WIB
profil-moderator-debat-capres-cawapres-2024-ardianto-wijaya-dan-valerina-daniel-ini-sosoknya
Kolase Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel yang menjadi moderator debat Capres Cawapres Pemilu 2024, Selasa (12/12/2023) (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut profil Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel, moderator debat perdana calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel, dua jurnalis TVRI sebagai penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali pada debat Capres Cawapres yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

Dilansir dari Antara, Komisioner KPU, August Mellaz mengatakan, keduanya dipilih menyusul masukan dan tanggapan dari tim kampanye nasional masing-masing pasangan calon, sesuai Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023.

Sesuai keputusan tersebut, moderator wajib memenuhi kualifikasi seperti berasal dari kalangan profesional dan akademisi, memiliki integritas tinggi, bersikap netral, serta memiliki kemampuan tampil di muka publik.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Angka Pemilih Bimbang Meningkat Jadi 28,7%, Mayoritas Pemilih Jokowi

Moderator juga memiliki peran dan kewajiban untuk menjaga keberimbangan perlakuan dan kesempatan kepada tiap pasangan calon, memberikan kesempatan yang sama, baik dari sisi waktu maupun bobot pertanyaan.

Masih berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1621 Tahun 2023, selama dan sesudah berlangsung debat pasangan calon, moderator dilarang memberikan komentar, penilaian, dan simpulan apa pun terhadap penyampaian dan materi dari setiap pasangan calon.

Profil Ardianto Wijaya

Dilansir dari laman Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad), Ardianto Wijaya lahir di Banyuwangi, Jawa Timur.

Ia memulai karier sebagai seorang presenter di TVRI Jawa Barat.

Saat masih menempuh pendidikan di bangku semester dua D3 Broadcasting Fikom Unpad, ia berhasil melakukan siaran perdana sebagai news anchor TVRI Nasional.

Dia bahkan memecahkan rekor sebagai anchor termuda dengan umur 18 tahun yang dikirim untuk siaran di TVRI Nasional.

Setelah siaran di TVRI Nasional, Ardianto Wijaya kemudian direkrut oleh TVRI Jawa Barat untuk menjadi pembawa berita.

Semasa kuliah, sulung dari dua bersaudara ini juga menyabet predikat Putra Padjadjaran dalam pemilihan Putra-Putri Padjadjaran 2013.

Alumnus SMA Negeri Glagah ini turut terpilih sebagai Duta Autism Jawa Barat 2014, serta langganan master of ceremony (MC) di berbagai acara besar, baik dari dalam maupun luar kampus.

Ia kemudian dikenal sebagai sosok familier di televisi yang kerap menjadi pemandu acara diskusi, debat, dan sebagainya. 

Baca Juga: Jelang Debat Capres, IHSG Diproyeksi Menguat dan Bisa Tembus 7.200 Pekan Ini

Profil Valerina Daniel

Perempuan kelahiran 28 November 1978 ini adalah seorang jurnalis, Duta Lingkungan, serta Penasihat Komunikasi dan Keberlanjutan untuk Pemerintah Indonesia.

Valerina lahir di Jakarta dari orang tua yang berasal Sumatera Barat.

Saat ini, dia menjadi penyiar berita program Bahasa Inggris di TVRI World - Saluran TV Resmi Pemerintah yang disiarkan di seluruh Indonesia dan luar negeri.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x