Kompas TV nasional rumah pemilu

Ma'ruf Amin Kembali Tegaskan Debat Cawapres Perlu Dilaksanakan, Ini Alasannya

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 16:50 WIB
ma-ruf-amin-kembali-tegaskan-debat-cawapres-perlu-dilaksanakan-ini-alasannya
Foto arsip. Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berjabat tangan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019 khusus cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Untuk kedua kalinya, Maruf Amin menyebut debat antarcawapres penting dilaksanakan menyongsong Pilpres 2024. (Sumber: Kompas.com/Andrew Lotulung)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

DENPASAR, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin kembali menegaskan bahwa sesi debat khusus antarcawapres masih diperlukan untuk Pilpres 2024. Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat berkunjung ke Nusa Dua, Bali, Rabu (6/12/2023).

Ma'ruf Amin menyebut debat cawapres bermanfaat bagi masyarakat. Pasalnya, masyarakat akan mengetahui kemampuan masing-masing cawapres menghadapi persoalan dalam sesi debat.

"Ya, tentu bermanfaat (debat cawapres), sehingga masyarakat tahu kan bahwa (cawapres) menguasai masalah apa enggak. Untuk yang enggak (menguasai masalah), jadi tahu masalah," kata dia.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Soal Polemik Debat Cawapres: Saya Dulu tanpa Didampingi Capres, Mestinya seperti Itu

Mengenai materi debat, Ma'ruf menyebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menentukan materi yang sesuai dengan program pembangunan Indonesia ke depan. 

"Itu saya kira nanti KPU yang menilai nanti hal-hal yang memang menjadi konsen kita di dalam pembangunan ke depan itu seperti apa," kata Ma'ruf sebagaimana dikutip Kompas.com.

Eks ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyampaikan bahwa ia juga mengikuti debat khusus antarcawapres ketika berkontestasi bersama Joko Widodo di Pilpres 2019 silam. 

"Kalau debat Pemilu yang lalu, hanya pengalaman, ada tiga macam ada debat pasangan, ada debat capres sendiri, ada debat cawapres sendiri. Saya kira itu," kata Ma'ruf.

Soal pentingnya debat antarcawapres digelar bukan baru pertama kali ini disuarakan Ma'ruf Amin. Sebelumnya seperti diberitakan Kompas.tv, usai mengadiri Industrial-Government (I-GOV) Expo 2023 di Universitas Indonesia, Depok, Selasa (5/12), Ma'ruf menyampaikan bahwa Pilpres 2024 seharusnya diisi sesi debat khusus antarcawapres.

“Kalau dulu pengalaman saya ada yang bareng capres dengan cawapres, ada yang capres sendiri tanpa didampingi wapres," kata Ma'ruf waktu itu.

"Itu saya kira dulu begitu. Mestinya seperti itu," lanjutnya.

KPU sendiri baru akan menetapkan format dan konsep debat capres-cawapres di Pilpres 2024 pada hari ini, Rabu (6/12). Format dan konsep debat akan diputuskan usai mengadakan rapat koordinasi dengan masing-masing tim sukses.

Baca Juga: Soal Debat Cawapres Digabung atau Terpisah, Gibran Lebih Pilih Ikut Keputusan KPU


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x