Kompas TV nasional hukum

Perjalanan Firli Bahuri Jadi Ketua KPK, Lolos Serangkaian Tes hingga Berujung Tersangka

Kompas.tv - 24 November 2023, 08:36 WIB
perjalanan-firli-bahuri-jadi-ketua-kpk-lolos-serangkaian-tes-hingga-berujung-tersangka
Ketua KPK, Firli Bahuri menggelar jumpa pers terkait penahanan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Sabtu (25/9/2021). Azis Syamsuddin ditetapkan tersangka dugaan kasus suap dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumat, 13 September 2019 dini hari, menjadi hari penting bagi Firli Bahuri.

Saat itu dalam pemungutan suara atau voting yang dihadiri 56 anggota Komisi III DPR, Firli terpilih menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023. Di momen yang sama Firli juga dipilih menjadi ketua KPK. 

Dalam voting pemilihan pimpinan KPK, sebanyak 56 anggota Komisi III DPR setuju Firli yang ketika itu berpangkat Irjen Polisi menjadi pimpinan KPK.

Setelah voting, rapat diskors selama lima menit, untuk menentukan ketua lembaga antirasuah tersebut. 

Berdasarkan kesepakatan seluruh fraksi di DPR, Komisi III akhirnya sepakat memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK yang baru periode 2019-2023.

Baca Juga: Komisi III DPR Gelar Rapat Internal Bahas Status Tersangka Firli Bahuri

Pada 20 Desember 2019, Presiden Jokowi melantik Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron dan Alexander Marwata sebagai pimpinan KPK 2019-2023 di Istana Negara.

Lolos Serangkaian Tes 

Jauh sebelum nama Firli masuk ke Komisi III DPR, ada rangkaian ujian dan tes yang harus dilalui Capim KPK. 

Firli bukan satu-satunya orang yang ikut seleksi pimpinan KPK. Total ada 384 orang yang mendaftar jadi pimpinan KPK. Pendaftaran calon pimpinan KPK ditutup pada Kamis, 4 Juli 2019.

Para pendaftar diseleksi oleh panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK. Pansel Capim KPK ini bentukan Presiden Joko Widodo. 

Baca Juga: Ketua IM57+ Institute Sebut Firli Bahuri Harus Segera Ditahan, Ini Alasannya

Pansel Capim KPK 2019-2023 yakni Yenti Ganarsih (ketua merangkap anggota), Indriyanto Senoadji (wakil ketua merangkap anggota).

Kemudian tujuh anggota yakni Harkristuti Harkrisnowo, Marcus Priyo Gunarto, Hamdi Moeloek, Diani Sadia Wati, Mualimin Abdi, Hendardi, dan Al Araf.

Dari 384 pendaftar ada 192 Capim KPK yang lolos administrasi, termasuk Firli Bahuri. Selanjutnya 104 Capim KPK lolos uji kompetensi.

Jumlahnya terus menyusut hingga 40 Capim yang lolos tes psikologi dan menyusut menjadi 20 nama peserta yang dinyatakan lolos profile assessment.

Firli dan 19 capim KPK lainnya yang lolos profile assessment, berhak mengikuti tes selanjutnya yakni tes kesehatan, uji publik dan wawancara. 

Baca Juga: Ada Misi Politik di Balik Pansel KPK? - SATU MEJA

Tes kesehatan dan uji publik ini menjadi tahap akhir untuk memilih 10 orang capim KPK yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi kemudian mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Pada 2 September 2019 Pansel Capim KPK menyerahkan 10 nama yang disaring dari tahapan tes dan ujian kepada Presiden Joko Widodo. Ada nama Firli Bahuri di 10 Capim KPK yang diberikan ke Presiden Jokowi. 

Dibawa ke DPR

Nama Firli dan sembilan Capim KPK lainnya dibawa ke DPR untuk iktu uji kelayakan dan kepatutan. Lagi-lagi Firli mengikuti serangkaian tes untuk menjadi pimpinan KPK. 

Proses fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 capim KPK periode 2019-2023 berlangsung selama dua hari mulai 11 September 2019.

Baca Juga: Kerja Pansel Capim KPK Tidak Transparan? - SATU MEJA



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x