Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies-Muhaimin Tunjuk Ahmad Ali sebagai Head Coach Timnas AMIN

Kompas.tv - 21 November 2023, 21:07 WIB
anies-muhaimin-tunjuk-ahmad-ali-sebagai-head-coach-timnas-amin
Calon presiden Anies Baswedan saat mengumumkan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali sebagai head coach Timnas AMIN (Anies-Muhaimin) di Jakarta, Selasa (21/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi menunjuk Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali sebagai head coach Timnas AMIN (Anies-Muhaimin).

Anies mengibaratkan tim pemenangannya dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 sebagai kesebelasan yang membutuhkan pelatih untuk memikirkan strategi dan memberikan arahan.

“Pelatih kepala adalah seseorang yang berada di pinggir lapangan, dia memikirkan strategi permainan, memikirkan cara untuk menang, memberikan arahan bagaimana pemain di lapangan bergerak, dan menegur pemain yang dianggap tidak memberikan penampilan terbaiknya,” ucap Anies di Rumah Diponegoro 10, Menteng, Selasa(21/11/2023).

Ahmad Ali nantinya akan didampingi oleh tiga assistant head coach yang juga berasal dari latar belakang birokrat dan partai pengusung dalam Koalisi Perubahan, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tiga assistant head coach itu ialah Wakil Ketua MPR dan Politisi PKB Jazilulu Fawaid, Gubernur Jabar 2008-2018 dan Politisi PKS Ahmad Heriyawan, serta anggota DPD RI 2004-2019 Tamsil Linrung.

Baca Juga: Pasangan Anies-Muhaimin Umumkan Lebih dari 700 Nama Pengurus Baru Timnas AMIN

“Asisten pelatih ini akan membantu pelatih kepala dalam melihat performa pemain di lapangan dan strategi-strategi di lapangan, masukan dari mereka juga amat penting dalam pengambilan keputusan-keputusan kampanye ke depan,” jelas Anies. 

Ahmad Ali mengatakan akan all out dalam menggalang kekuatan, membaca permainan dan menyiapkan strategi untuk memenangkan AMIN dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Kami akan menggerakkan dan mengumpulkan semua kekuatan dan menerima masukan baik dari relawan, partai dan seluruh pihak yang menginginkan perubahan Indonesia yang lebih adil dan makmur untuk semua,” kata Ahmad Ali.

Selain menunjuk Head Coach Timnas AMIN, Anies-Muhaimin juga menyebutkan nama-nama pengurus baru yang masuk ke dalam jajaran Dewan Pembina, Dewan Pertimbangan, Dewan Penasihat, dan Dewan Pakar.

Kemudian, Timnas AMIN juga mengumumkan susunan Deputi dan Wakil Deputi, Juru Bicara, serta ketua tim kampanye daerah jelang Pilpres 2024.

Baca Juga: Soal Isu Tekanan dari Penguasa, Anies: Belum Apa-apa Dibanding Tekanan Ekonomi Rakyat

Dewan Pembina diketuai oleh Surya Paloh dengan lima anggota yang terdiri dari Habib Dr. Salim Segaf Aljufri, Jan Darmadi, Ahmad Syaikhu, Hanif Dhakiri, dan Nyai Latifah Sh.

Sementara itu, Koordinator Dewan Pertimbangan terdiri dari Hasanuddin Wahid, Hermawi Taslim, dan Aboe Bakar Al Habsyi.

Sementara angotanya terdiri dari sebelas orang, di antaranya Prananda Surya Paloh, Sigit Pramono, Cucun Syamsurizal, Sugeng Suparwoto, dan Dadang Juliantara.

Ada juga Dewan Penasihat yang diketuai oleh Kiai Haji (KH) Syukron Makmun dengan tujuh wakil ketua. Terdapat setidaknya 74 anggota dalam jajaran Dewan Penasihat.

Seain itu, ada juga Dewan Pakar yang diketuai oleh Prof Hamdan Zoelva.

Sedangkan posisi Wakil Ketua Dewan Pakar diisi oleh Amin Subekti. Sementara Sekretaris Dewan Pakar ini ialah Wijayanto.

Berdasarkan lembar daftar pengurus Timnas AMIN yang diterima Kompas.tv, ada 81 nama anggota Dewan Pakar, 89 orang juru bicara, serta 38 orang tim kampanye daerah.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x