Kompas TV nasional peristiwa

Lebih dari 3.900 Aparat Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Konser Coldplay di GBK Jakarta

Kompas.tv - 15 November 2023, 20:57 WIB
lebih-dari-3-900-aparat-gabungan-diterjunkan-untuk-amankan-konser-coldplay-di-gbk-jakarta
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyebut, ada 3.960 Coldplay pada Rabu (15/11/2023). (Sumber: Kompas TV/Bongga Wangga)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ribuan aparat kepolisian diterjunkan untuk menjaga keamanan dan memastikan kelancaran konser band Coldplay di Jakarta, pada Rabu malam (15/11/2023).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyatakan, setidaknya ada 3.960 aparat gabungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Kodam Jaya, serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengamankan konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

"Polres Metro Jakarta Pusat yang diback up penuh oleh Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya dan Pemprov DKI menerjunkan 3.960 personil yang akan menjamin pelaksanaan konser ini bisa berjalan dengan aman dan lancar," kata Kombes Susatyo di SUGBK, Jakarta, Rabu.

"Semua pasukan pengamanan sudah tergelar, baik itu di kawasan inti, di tengah GBK ini maupun juga di sekitar dari kawasan GBK, terutama di pintu-pintu masuk dari GBK," sambungnya, sebagaimana dilaporkan oleh jurnalis Kompas TV Bongga Wangga.

Pihak kepolisian, kata Susatyo, juga akan berjaga di posko-posko yang disediakan panitia untuk memproses atau menindak apabila terjadi permasalahan terkait tiket konser yang dibawa para penonton.

Baca Juga: Korban Penipuan Tiket Konser Coldplay Lapor Polisi, Kerugian hingga Rp1,3 Miliar

"Jadi memang dari pihak panitia juga sudah menyiapkan untuk posko apabila memang ada masyarakat yang melaporkan, nanti bersama dengan pihak kepolisian akan menyelesaikan apakah mungkin apabila ada tiket palsu ataupun scan barcode yang tidak berfungsi dan sebagainya," terangnya.

"Tentunya ada spot-spot penyelesaian terkait dengan tiket tersebut, itu sudah menjadi bagian ketika kami melaksanakan rapat koordinasi dengan pihak panitia," imbuhnya.

Susatyo mengungkapkan, sejumlah orang melaporkan kasus penipuan tiket konser Coldplay bertajuk "Music of the Spheres" pada Selasa (14/11/2023) malam.

Para korban penipuan tersebut, kata dia, berasal dari dalam dan luar kota, bahkan luar Pulau Jawa.

Menurut Susatyo, para korban melaporkan penipuan atas 400 tiket konser band asal Inggris itu dengan total kerugian mencapai Rp1,3 miliar.

Baca Juga: 3 Jam Jelang Konser, Coldplay Pamer Panggung Megah di GBK: Hello Jakarta

"Tadi malam kami juga telah menerima laporan beberapa masyarakat terkait dengan penipuan dari tiket Coldplay ini, kurang lebih kerugian sekitar Rp1,3 miliar, dengan menjanjikan sekitar 400 tiket," jelasnya.

Polres Metro Jakarta Pusat masih melakukan penyelidikan dan penyidikan agar terlapor bisa mengembalikan uang tiket yang dijanjikan. 

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, konser Coldplay di Indonesia digelar malam ini, Rabu (15/11/2023).

Pertunjukan Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion di konser Coldplay Jakarta ini dimulai pukul 21.00 WIB.

Adapun open gate mulai dibuka pada pukul 13.00 WIB untuk area pra-fungsi.

Sementara open gate untuk semua pemegang tiket dibuka pada 17.00 WIB.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x