Kompas TV nasional rumah pemilu

Jubir TKN Prabowo-Gibran: Kami Serius dengan Komitmen Pemilu Bersih dari Kecurangan

Kompas.tv - 15 November 2023, 23:45 WIB
jubir-tkn-prabowo-gibran-kami-serius-dengan-komitmen-pemilu-bersih-dari-kecurangan
Foto arsip. Capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka, mengangkat tangan setelah mendaftarkan diri di kantor KPU di Jakarta, Rabu, 25 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Herzaky Mahendra menyatakan, pihaknya serius dengan komitmen Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bersih dari kecurangan.

Herzaky menyebut, pihaknya mengikuti perkataan dari calon presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto saat memberikan keterangan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (14/11/2023) malam terkait Pemilu yang jujur.

"Kami serius dengan komitmen pemilu yang bersih dari kecurangan, seperti yang disampaikan oleh Pak Prabowo di KPU," kata Herzaky, Rabu (15/11/2023).

"Kami yakin penyelenggara dan pengawas dapat berlaku adil. Semua harus dimulai dari pikiran yang positif," imbuhnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat itu menekankan bahwa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 harus dilaksanakan secara jujur tanpa adanya fitnah.

Baca Juga: Dapat Nomor Urut 2, TKN Prabowo-Gibran: Jalan Tengah, Merangkul untuk Indonesia Maju

Ia menilai, fitnah dan drama menjelang Pemilu 2024 hanya akan membuat masyarakat lelah serta merusak cara berpolitik, berbangsa, dan bernegara.
 
"Terbukti dari sekian kali Pemilu, fitnah tidak produktif. Masyarakat jadi lelah, dan dalam jangka waktu panjang bisa merusak cara berpolitik, berbangsa, dan bernegara," terangnya.

"Kedepankan budaya kita yang jujur. Seperti kata Pak Prabowo, kejujuran harus seutuh-utuhnya," sambungnya.

Herzaky menekankan bahwa Prabowo dan TKN Prabowo-Gibran tidak akan membalas berbagai tuduhan yang ditujukan kepada kubu mereka.

"Ini adalah budaya yang ingin kami bangun. Kami harus mengedepankan kerja sama ke depan. Kami harus bisa menyelesaikan persoalan itu dengan baik tanpa harus merugikan atau menyerang pihak lain," kata Herzaky.

Baca Juga: Ganjar Ajak Masyarakat Ciptakan Demokrasi Baik dan Jauhi KKN: Laporkan Praktik Tidak Baik

Sesuai dengan pesan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), kata Herzaky, TKN berharap aparat dapat menjaga netralitas dalam setiap tahapan Pemilu 2024.

"TKN akan selaras dengan apa yang disampaikan Prabowo, yaitu mengedepankan pemilu bersih dan adil," katanya, dilansir dari Antara.

Sebelumnya, Selasa (14/11/2023), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah melakukan pengundian dan penetapan nomor urut tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut adalah pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3 sebagai peserta Pemilu 2024.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Kemudian jadwal pemungutan suara akan digelar pada tanggal 14 Februari 2024.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x