Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Beri Kuota 150 Pendamping Paslon Capres Cawapres saat Pengundian Nomor Urut Besok

Kompas.tv - 13 November 2023, 19:36 WIB
kpu-beri-kuota-150-pendamping-paslon-capres-cawapres-saat-pengundian-nomor-urut-besok
Ketua KPU Hasyim Asyari bersama komisioner KPU Idham Holik saat konferensi pers di Jakarta terkait putusan MK mengenai batas usia capres dan cawapres, Senin (16/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberi kuota sebanyak 150 orang pendamping pada masing-masing pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden RI yang akan mengambil nomor urut peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers penetapan pasangan capres-cawapres, di Kantor KPU RI, Senin (13/11/2023).

Hasyim menjelaskan, pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon tersebut akan dilaksanakan pada Selasa (14/11/2023) besok.

“Rencananya, tanggal 14 November 2023 itu dimulai pukul 18.30 WIB,” tuturnya dikutip dari laporan tim liputan Kompas TV.

Kegiatan pengundian nomor urut pasangan calon tersebut akan diawali dengan jamuan makan malam.

Baca Juga: Jawaban Ketua KPU Soal Bakal Dilaporkan ke DKPP Soal Penetapan Pasangan Prabowo-Gibran

Hasyim menuturkan, pihaknya mengundang masing-masing pasangan calon beserta pengurus partai politik pengusung atau tokoh yang akan mendampingi.

“Kami memberikan undangan bagi masing-masing pasangan calon yang jumlahnya akan kami layani di tribun yang disiapkan pada halaman parkir Kantor KPU,” tuturnya.

“Itu masing-masing pimpinan partai politik atau tokoh-tokoh yang diusulkan oleh masing masing pasangan calon, kuotanya adalah 150 orang,” imbuhnya menegaskan.

Nantinya, KPU juga bakal memberikan waktu selama 10 menit pada masing-masing pasangan calon untuk memberikan sambutan.

Baca Juga: KPU RI Tetapkan 3 Pasangan Capres-Cawapres RI: Dinyatakan Memenuhi Syarat

Sebelumnya Kompas TV memberitakan, KPU telah mengumumkan penetapan pasangan capres-cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2024 pada Senin sore.

KPU menetapkan tiga pasangan calon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x