Kompas TV nasional rumah pemilu

Disebut Membangkang oleh PDIP, Gibran: Saya Sudah Minta Izin Mbak Puan

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 21:34 WIB
disebut-membangkang-oleh-pdip-gibran-saya-sudah-minta-izin-mbak-puan
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dalam program Rosi KOMPAS TV yang ditayangkan Kamis (27/7/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka, menanggapi pernyataan elite PDI Perjuangan (PDIP) yang menyebutnya membangkang partai karena memilih menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. 

Ia mengaku sudah meminta izin kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid, sebelum memutuskan menjadi bakal cawapres Prabowo. 

Baca Juga: Djarot Sebut Gibran Membangkang PDIP: Saya Merasa Gagal

"Ya saya kembalikan lagi ke Pak Hasto (Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto soal dinilai membangkang)," kata Gibran di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (30/10/2023), dikutip dari video Kompas TV.

"Kira-kira dua minggu yang lalu, saya sudah ketemu Mbak Puan dan Pak Arsjad. Beliau berdua sudah memberikan saya izin untuk ikut berkompetisi."

Sebelumnya Hasto mengatakan PDIP tengah bersedih dan terluka karena merasa "ditinggalkan" oleh kadernya.

Hal tersebut disampaikan Hasto sehubungan manuver Presiden Jokowi yang merestui Gibran, putra sulungnya, menjadi cawapres Prabowo yang menjadi pesaing Ganjar Pranowo yang diusung PDIP.

Kata Hasto, tidak sedikit kalangan akar rumput PDIP yang merasa tidak percaya kader terbaiknya itu berpaling dari partai tersebut.

"PDI Perjuangan saat ini dalam suasana sedih, luka hati yang perih, dan berpasrah pada Tuhan dan rakyat Indonesia atas apa yang terjadi saat ini,” kata Hasto, Minggu (29/10/2023).

Hasto menyebut PDIP telah memberi privilese "yang begitu besar" kepada Jokowi dan keluarganya.

Ia menyebut simpatisan PDIP dan akar rumput telah mendukung Jokowi sejak menjadi wali kota Surakarta hingga menjadi presiden.




Sumber : Kompas TV, Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x