Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies-Muhaimin Bakal Lakukan Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto Pagi Ini

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 06:00 WIB
anies-muhaimin-bakal-lakukan-pemeriksaan-kesehatan-di-rspad-gatot-soebroto-pagi-ini
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) bersalaman dengan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) saat pertemuan di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta, Senin (11/9/2023). (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pasangan bakal Calon Pesiden-Wakil Presiden (capres-cawapres) RI usungan Koalisi Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal melakukan tes kesehatan pada hari ini, Sabtu (21/10/2023).

Keduanya bakal menjalani pemeriksaan kesehatan kandidat bacapres-cawapres di RSPAD Gatot Soebroto.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Budi Sulistya menyebut, pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk keduanya bakal dimulai pukul 07.00 WIB.

"Mulai pukul 07.00-an," kata Letjen Budi kepada Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Ia juga mengonfirmasi bahwa pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan turut serta dalam agenda tersebut.

Baca Juga: Survei Indikator Politik: Elektabilitas Anies 21,9 persen, Ganjar 34,5 dan Prabowo 37,0

Dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan menyeluruh terebut, lanjut Budi, pihaknya bakal mengikuti regulasi dan ketentuan yang telah digariskan KPU RI.

RSPAD Gatot Soebroto akan mengerahkan kolegium spesialis untuk memastikan kualitas pemeriksaan kesehatan para bakal capres-cawapres tersebut.

"Pada prinsipnya kami akan menyelenggarakan pemeriksaan dengan prinsip profesionalisme, imparsialitas independensi, dan juga dipercaya. Tiga hal yang kami tekankan dalam hal ini," ujar Letjen Budi.

"Tools-nya ada beberapa, kaitannya juga melibatkan kolegium dalam hal ini supaya betul- betul pemeriksaan ini profesional, independen, dan dipercaya," imbuhnya. 

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Rabu (18/10) menyebut Kandidat Bacapres-Bacawapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, menjadi yang pertama diperiksa.

Sebab, Anies-Muhaimin telah menjadi pasangan calon pertama yang mendaftarkan diri, yaitu pada Kamis (19/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Kita melakukan pembicaraan dengan tim RSPAD, nanti bakal pasangan calon yang didaftarkan pertama itu nanti akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada hari Sabtu, 21 Oktober," ujar Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Relawan Anies-Cak Imin Datangi KPU Jateng Beri Dukungan Moral

Sementara itu, pasangan calon usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada Minggu (22/10) besok.

"Yang didaftarkan pada kesempatan kedua, akan diperiksa pada hari Minggu, 22 Oktober," lanjut Hasyim.

Lalu, lantaran belum memberi tahu secara resmi ke KPU RI kapan mendaftar, bakal capres Prabowo Subianto dan wakilnya akan dijadwalkan pemeriksaan kesehatan pada urutan berikutnya.


 




Sumber : Kompas.com, Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x