Kompas TV nasional rumah pemilu

Wapres Ma'ruf Amin Nilai Mahfud MD Layak Jadi Cawapres: Pengalamannya Cukup

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 22:28 WIB
wapres-ma-ruf-amin-nilai-mahfud-md-layak-jadi-cawapres-pengalamannya-cukup
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin saat di Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (18/10/2023). Ma'ruf Amin menilai Menterii Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD layak menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres). (Sumber: Tangkap Layar kanal Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menilai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD layak menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres).

Pasalnya, kata dia, Mahfud merupakan sosok yang berpengalaman di berbagai lembaga, baik di eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

Hal ini disampaikan Wapres menanggapi terkait pengumuman Mahfud sebagai bacawapres pendamping Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

"Saya kira Pak Mahfud sudah cukup dikenal, pernah jadi anggota DPR, pernah jadi menteri, pernah jadi Ketua MK (Mahkamah Konstitusi)," kata Ma'ruf di Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (18/10/2023), seperti dikutip di kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia. 

"Jadi sudah legislatif, eksekutif, yudikatif sudah dilakukan semua, jadi pengalamannya cukup, seorang guru besar, saya kira dia layak lah kalau dia jadi calon wakil presiden," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga menyebut bahwa sebelumnya Mahfud sempat mengabarkan kepada dirinya terkait dipilihnya menjadi bacawapres Ganjar Pranowo. 

Ma'ruf pun menyampaikan ucapan selamat kepada Menko Polhukam tersebut.

Baca Juga: Jokowi Restui Mahfud MD Jadi Bacawapres Ganjar dan Beri Izin Cuti untuk Daftar ke KPU

"Dia pamit kepada saya dan memberitahu bahwa dia dijadikan calon wakil presiden, mungkin saya sebagai orang NU yang sudah sepuh, pamit lah sama saya," ucapnya.

"Ya saya bilang, saya sampaikan selamat, mudah-mudahan kalau nanti terpilih bisa menjalankan tugasnya melanjutkan hal-hal yang baik yang sekarang sudah kita lakukan, dan juga melakukan perbaikan-perbaikan ke depan," tegas Ma'ruf.

Tak hanya Mahfud, Ma'ruf mengaku juga telah kepada calon lain yang pernah bertemu dengannya, termasuk Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

"Ya saya restu semua, saya doakan semua, kalau bisa jadi semua syukurlah, tapi enggak mungkin lah," ucapnya.

Lebih lanjut, Wapres juga menilai Ganjar Pranowo layak maju sebagai bakal calon presiden (bacapres) di Pilpres 2024.

Menurut Ma'ruf Ganjar merupakan sosok yang memiliki pengalaman, baik sebagai anggota DPR dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode.

"Saya lihat Ganjar juga baik, pernah jadi anggota DPR, Gubernur Jateng dua periode, artinya punya pengalaman, jadi layaklah kalau dia jadi capres, basis nya ada," ungkapnya.

Seperti diketahui, Mahfud MD telah dipilih menjadi bacawapres mendampingi Ganjar Pranowo.

Deklarasi Mahfud menjadi pendamping Ganjar diumumkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP.

Mahfud secara resmi menjadi Cawapres Ganjar yang didukung dan diusung oleh PDIP, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Pengamat Politik Sebut Pencalonan Mahfud sebagai Cawapres Ganjar Pertebal Suara di Jawa Timur



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x