Kompas TV nasional rumah pemilu

Megawati Ceritakan Perjalanan Mencari Cawapres Ganjar, Kini Putuskan Pilih Mahfud MD

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 14:13 WIB
megawati-ceritakan-perjalanan-mencari-cawapres-ganjar-kini-putuskan-pilih-mahfud-md
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menceritakan perjalanan dan kontemplasinya saat menentukan bakal calon wakil presiden atau cawapres Ganjar Pranowo.

Dalam perenungannya, ia menganalisis sejumlah kriteria cawapres yang akan mendampingi Ganjar dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Ia ingin sosok tersebut adalah pemimpin yang tidak melupakan sejarah serta semangat reformasi.

Ia juga menjelaskan bahwa cawapres Ganjar haruslah sosok yang memiliki kesetiaan pada prinsip, kokoh pada Pancasila, merakyat, visioner dan memiliki kemampuan profesional.

Baca Juga: Alasan Megawati Tunjuk Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar: Pendekar Hukum dan Pembela Wong Cilik

“Setidaknya telah berprestasi dalam jabatan strategi di tingkat nasional dan pengalaman konkret di pemerintahan,” ujar Mega di Kantor DPP PDIP, Rabu (18/10/2023).

Dari segi karakter, kriteria cawapres yang diinginkan Megawati adalah yang memiliki jiwa kemanusiaan dan digerakkan oleh nilai moral serta etika.

Dengan kriteria yang telah disebutkan, Presiden ke-5 RI ini mengaku cukup lama berkontemplasi untuk menentukan sosok cawapres yang tepat bagi Ganjar. Ia juga memikirkan masalah yang tengah dihadapi Indonesia.

Mega bilang bahwa pemimpin Indonesia di masa depan memiliki pekerjaan rumah (PR) yang cukup banyak, baik dari sektor kesehatan, bonus demografi, politik, dan perekonomian.

“Berbagai persoalan tersebut saya pikirkan dengan seksama, sebagai latar belakang, saya orang yang sudah punya pengalam hidup dan politik yg cukup panjang, saya tidak mudah untuk bisa mengambil siapa yang akan saya jadikan di kemudian hari sebagai pemimpin dari bangsa dan negara ini.”

Baca Juga: Mahfud MD Berterima Kasih ke Jokowi dalam Pidatonya sebagai Bakal Cawapres untuk Ganjar

Ia mengaku telah menerima masukan dari para ketua umum partai politik lain untuk menentukan pendamping Ganjar Pranowo. Hingga akhirnya, ia mantap memilih Menko Polhukam Mahfud MD.

“Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Bapak Prof Dr Mahfud MD,” tegas Mega.

Megawati berharap, Ganjar-Mahfud MD dapat terpilih sebagai presiden dan wakil presiden dalam pilpres 2024.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x