Kompas TV nasional politik

Alasan PDI-P Umumkan Cawapres Ganjar Pranowo Satu hari sebelum Pembukaan Pendaftaran Capres di KPU

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 05:36 WIB
alasan-pdi-p-umumkan-cawapres-ganjar-pranowo-satu-hari-sebelum-pembukaan-pendaftaran-capres-di-kpu
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat ditemui di depan rumah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2023) malam. DPP PDI-P rencananya akan mengumumkan bacawapres pendamping Ganjar Pranowo pada hari ini, Rabu (18/10/2023). (Sumber: KOMPAS TV/Harko Sutiono )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan (PDI-P) akan mengumumkan nama bakal Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, hari ini, Rabu (18/10/2023).

Agenda pengumuman pendamping Ganjar ini dilakukan satu hari sebelum pembukaan pendaftaran bakal Capres dan Cawapres di KPU yakni pada Kamis (19/10) besok.

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto menjelaskan pengumuman nama pendamping Ganjar dua hari sebelum pendaftaran ke KPU tidak terlepas dari dinamika yang terjadi saat ini, salah satunya yakni putusan Mahkamah Konsitusi (MK).

Menurut Hasto,  Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri telah melakukan pencermatan cukup lama mengenai dinamika perkembangan politik di tanah air, dan masukan dari para ketua umum partai lain pendukung Ganjar Pranowo, hingga terakhir munculnya putusan MK terkait syarat batas usia Capres-Cawapres.

"Dengan melihat dinamika yang ada, pada akhirnya Ibu Megawati menugaskan DPP PDIP berkoordinasi dengan TPN Ganjar sehingga besok Rabu (18/10/2023), jam 10.00 WIB akan diumumkan siapa Cawapres Ganjar," ujar Hasto usai bertemu Megawati di jalan Teuku Umar, Selasa (17/10) malan dikutip dari laporan tim jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Diumumkan Besok, Cawapres Ganjar Pranowo Dikabarkan Berinisial 'M'?

Hasto menambahkan Cawapres Ganjar merupakan salah satu dari kandidat yang selama ini sudah diumumkan PDI-P ke publik. 

Megawati juga sudah melakukan pencermatan terhadap kandidat Cawapres Ganjar yang selama ini sudah muncul di publik, baik dalam pertemuan secara terbuka maupun dari kegiatan-kegiatan Cawapres tersebut.

Saat disinggung mengenai inisial Cawapres Ganjar, Hasto tak bisa menjawab dan meminta agar masyarakat bersabar hingga pengumuman hari ini.

"Inisialnya Indonesia Raya, untuk Indonesia Raya, untuk rakyat Indonesia, untuk kemajuan kita bersama," ujar Hasto.

"Rahasianya yang dicalonkan itu betul-betul hasil perenungan yang mendalam dan sesuai dengan tantangan yang dihadapi bangsa kita saat ini. Kita tunggu saja besok," imbuhnya. 

Baca Juga: [FULL] Sikap Yusril dan PBB Jika Prabowo Tetap Pilih Gibran usai Putusan MK

Adapun sejumlah nama yang masuk kadidat Cawapres Ganjar yakni Mahfud MD, Erick Thohir, Andika Perkasa, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x