Kompas TV nasional rumah pemilu

Gerindra Beberkan 3 Hal Agar Gibran Bisa Diusung sebagai Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 09:42 WIB
gerindra-beberkan-3-hal-agar-gibran-bisa-diusung-sebagai-cawapres-prabowo-di-pilpres-2024
Baliho berukuran besar bergambar wajah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terpampang di pusat kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Sumber: Kompas.com/Nansianus Taris)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) membeberkan tiga hal untuk dapat mengusung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2023).

"Jadi kan ada tiga hal, Gibran menjadi cawarpes tuh ada tiga,” jelasnya, dikutip Tribunnews.com

Pertama, kata dia, jika regulasi memungkinkan. Kedua, jika Prabowo dan ketua umum partai anggota koalisi menyetujui, dan ketiga, jika Gibran berkenan.

Baca Juga: Dinilai Berpeluang Maju Cawapres Usai Putusan MK, Ini Tanggapan GIbran!

"Pertama, regulasi, kalau regulasi memungkinkan. Kedua, kalau Pak Prabowo dan Ketum Parpol pendukung menyetujui."

"Ketiga kalau yang bersangkutan (Gibran) berkenan," lanjut Habiburokhman.

Sebelumnya hakim Mahkamah Konstitusi (MK)  mengabulkan gugatan perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pada Senin siang.

MK memutuskan seseorang yang belum berusia 40 tahun bisa mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden selama berpengalaman menjadi kepala daerah atau jabatan lain yang dipilih melalui pemilihan umum.

Hal itu, kata dia, tentu akan menjadi pertimbangan bagi Prabowo maupun ketua umum partai politik anggota koalisi.

"Tentu itu akan menjadi pertimbangan beliau (Prabowo Subianto) dan para Ketum (Koalisi Indonesia Maju)" ujarnya

Habiburokhman juga mengaku menginginkan cawapres yang mendampingi Prabowo di Pilpres 2024 berasal dari kalangan pemuda, agar dapat bekerja secara gigih dan berani.

"Soalnya kalau Habiburokhman, anak Jakarta Timur berharap kita punya Wapres anak muda yang gigih dan berani," katanya, Senin.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengakui peluang Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto terbuka.

Baca Juga: MK Buka Jalan Gibran Maju Cawapres, Pakar: Upaya untuk Melanjutkan Kekuasaan, Publik Sudah Menduga

"Tentunya dengan putusan MK ini tidak hanya membuka peluang bagi Mas Gibran," ungkapnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, dikutip dari Kompas.com.


 

"Tetapi bagi kepala daerah yang sedang menjabat ataupun mantan kepala daerah yang dipilih langsung oleh Pilkada seperti dengan Pilpres itu juga terbuka kesempatannya untuk bisa menjadi presiden dan wakil presiden," jelas Dasco.




Sumber : tribunnews.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x