Kompas TV nasional politik

Gibran Belum Gabung Tim Pemenangan Ganjar dan Sanksi Bila Dampingi Prabowo, Andreas PDIP Bersuara

Kompas.tv - 16 Oktober 2023, 10:14 WIB
gibran-belum-gabung-tim-pemenangan-ganjar-dan-sanksi-bila-dampingi-prabowo-andreas-pdip-bersuara
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri acara PMII di Solo, Jumat (23/6/2023). (Sumber: YouTube PMII Official )
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka disebut mengetahui kenapa belum bergabung dalam tim pemenangan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Politikus PDI-P Andreas Hugo Pariera dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV dengan tema ‘Bersiap Putusan MK tentang Batas Usia Capres-Cawapres’, Senin (16/10/2023).

“Tentu Mas Gibran yang tahu, tentu kalau di partai diperintahkan untuk menjadi tim pemenangan atau menjadi apapun sebagai kader partai kita melaksanakan itu gitu,” ujar Andreas.

“Jadi tidak ada kata ya tunggu ini, tunggu itu, tapi kita melaksanakan apa yang menjadi keputusan partai.”

Baca Juga: Jelang Putusan MK, PSI: Kesempatan Harus Dibuka Seluasnya, Dilihat Kompetensi Bukan Usia

Dalam dialog, Jurnalis KOMPAS TV Radi Saputro mengonfirmasi ke Andreas Pareira apakah PDI Perjuangan sudah mempersiapkan sanksi jika Gibran Rakabuming Raka melakukan manuver serupa Budiman Sudjatmiko?

Sebab isu di ruang publik, nama Gibran Rakabuming Raka santer akan menjadi cawapres Prabowo Subianto dan hanya tinggal menunggu putusan Mahkamah Konstitusi.

“Soal peraturan itu berlaku untuk semua dan itu adalah wilayah bidang kehormatan untuk melakukan penelusuran dan kemudian membuat keputusan yang berkaitan dengan aturan partai dan apa yang terjadi dengan kader-kader partai, itu hal yang biasa dalam aturan organisasi partai,” ujar Andreas.

Jelang Pilpres 2024, mengemuka di ruang publik setidaknya ada 3 pasangan bakal capres-cawapres yang akan berebut dukungan dari rakyat. Dari ketiganya, 2 pasangan di antaranya belum memiliki cawapres yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Bivitri: Jika MK Kabulkan Gugatan Batas Usia Capres-Cawapres, Itu Skenario Terburuk Demokrasi

Ganjar Pranowo yang didukung PDI Perjuangan, berkaca dari sejarah selalu menyampaikan cawapresnya di menit-menit akhir waktu pendaftaran capres-cawapres.


 

Sementara dengan Prabowo Subianto meski ada beberapa nama bakal cawapres, kuat diisukan akan menggandeng kader PDIP untuk Pilpres 2024, yakni Gibran Rakabuming Raka. Bahkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Maju blak-blakan mengaku menunggu hasil putusan MK untuk merespons Prabowo berpasangan dengan Gibran.

Hari ini, Mahkamah Konstitusi akan memutuskan dengan menghadirkan 9 hakim konstitusi untuk menjawab gugatan Batasan usia capres-cawapres.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x