Kompas TV nasional peristiwa

Syahrul Yasin Limpo Tiba di Istana untuk Temui Jokowi

Kompas.tv - 8 Oktober 2023, 19:40 WIB
syahrul-yasin-limpo-tiba-di-istana-untuk-temui-jokowi
Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (8/10/2023) (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (8/10/2023) untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menggunakan mobil Toyota Vellfire hitam berpelat B 8055 ADT, Syahrul tiba sekitar pukul 18.35 WIB. Ia mengenakan kemeja batik.

Politikus Partai Nasdem itu langsung masuk ke Istana melalui pintu Bali di Kompleks Kepresidenan, Jakarta.

Baca Juga: Jokowi akan Bertemu Syahrul Yasin Limpo Malam Ini di Istana, Bahas Apa?

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Syahrul sedianya bertemu dengan Jokowi pada Kamis (5/10) guna menyerahkan surat pengunduran diri dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Sayangnya, agenda Jokowi yang padat membuat surat tersebut akhirnya dititipkan kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Pertemuan dijadwalkan ulang untuk Jumat (6/10), tetapi belum juga dilakukan.

Surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait pemberhentian dan pengangkatan Menteri Pertanian (Mentan).

Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai pelaksana tugas (Plt) Mentan. 

Minggu pagi, Jokowi memastikan bahwa dia akan bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo hari ini di Istana Merdeka. Kepala Negara bilang, dia belum mengetahui pembahasan yang akan dibicarakan dalam pertemuan itu.

“Ya enggak ngerti (mau bahas apa), bertemu saja belum,” kata Jokowi setelah memantau panen padi di Subang, Jawa Barat, Minggu pagi.

Baca Juga: Mantan Atlet Bulu Tangkis Buka Suara soal Foto Firli Bahuri dan SYL, Sebut Foto Diambil Tahun 2022

Diketahui, Syahrul mengundurkan diri karena beralasan sedang ada proses hukum yang dia hadapi. Untuk itu, ia ingin fokus menghadapi penyidikan kasus tersebut.


“Alasan saya mengundurkan diri adalah ada proses hukum yang sedang saya hadapi dan saya harus siap menghadapi secara serius,” kata Syahrul, Kamis (5/10).



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x