Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Saya Kadang Geleng-geleng, Pemimpin di Atas Sudah Ngopi Bareng di Bawah Masih Ramai

Kompas.tv - 7 Oktober 2023, 14:06 WIB
jokowi-saya-kadang-geleng-geleng-pemimpin-di-atas-sudah-ngopi-bareng-di-bawah-masih-ramai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara konsolidasi nasional Jaringan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak relawan pendukungnya ciptakan pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang damai, saat menghadiri Konsolidasi Alap-Alap di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2023).

"Saya kadang-kadang juga geleng-geleng masyarakat di bawah masih ramai lah pemimpin-pemimpin di atas sudah ngopi-ngopi bareng yang di atas sudah makan bersama yang di bawah masih ramai," kata Jokowi, sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas TV, Thifal Solesa dan M. Aufa.

Ia lantas meminta bantuan para relawan agar dapat mencairkan suasana di kalangan bawah agar tidak memanas.

"Tolong saya minta bantuan bapak-ibu seluruh relawan agar seluruh relawan ini menjadi sistem pendingin, sistem pendingin yang membuat suasana adem di bawah, setuju?" ujarnya.

Ia meminta para relawan berperan untuk meredam keributan-keributan kecil yang terjadi di kalangan bawah.

"Jadi kalau ada yang sedikit panas-panasan segera disiram air biar dingin, kalau ada apa ribut-ribut kecil di bawah segera ambil air didinginkan, beri wejangan, beri tahu bahwa Pemilu itu akan terus ada setiap 5 tahun siap? siap?" kata Presiden ketujuh RI itu.

Ia juga berharap agar pada Pemilu 2024 tidak ada lagi ujaran kebencian maupun kabar bohong atau hoaks.

"Pemilu harus kita jalani dengan riang dan gembira setuju?" tanya Jokowi kepada para relawan.

Baca Juga: Jokowi dan Kaesang Hadiri Konsolidasi Nasional Jaringan Alap-Alap

Ia mengingatkan para relawan bahwa Pemilu akan selalu ada setiap lima tahun sekali, sehingga fitnah dan ujaran kebencian menurut dia akan menghambat Indonesia menjadi bangsa yang besar.

"Karena setiap 5 tahun itu Pemilu akan terus ada, terus ada, terus ada. Kalau setiap Pemilu selalu saling benci, saling memfitnah, saling menjelekkan, saling merendahkan, kapan bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar?" kata Jokowi.

Jokowi lantas mengajak ribuan relawannya itu untuk memperkuat persatuan dan kerukunan, sehingga bangsa Indonesia tidak terpecah-belah.




Sumber : Kompas TV, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x