Kompas TV nasional politik

Anies Baswedan dan Jusuf Kalla Bertemu Sabtu Pagi, Terungkap Ini yang Dibahas

Kompas.tv - 7 Oktober 2023, 11:11 WIB
anies-baswedan-dan-jusuf-kalla-bertemu-sabtu-pagi-terungkap-ini-yang-dibahas
Bacapres Anies Baswedan dan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) di rumah JK, di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023) pagi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengungkapkan isi pertemuannya dengan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) di rumah JK, di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023) pagi.

Anies menerangkan, mereka melakukan diskusi usai sarapan bersama. Di dalam diskusi tersebut, Anies dan JK membahas masalah kebangsaan, di antaranya perekonomian dan ketimpangan.

"Bicara masalah kebangsaan, mulai dari perekonomian, ketimpangan, bagaimana menjaga kemandirian. Jadi diskusi panjang," ungkap Anies kepada wartawan, Sabtu (7/10/2023).

Senada, JK juga mengungkapkan tentang hal kebangsaan apa saja yang ia bahas bersama Anies di kediamannya.

"Kalau kita tidak hati-hati seperti semua ekonomi kita mengalami penurunan, bagaimana kita hindari pengaruh-pengaruh dari luar terlalu besar, kayak pengaruh China terlalu besar. Jangan pulau-pulau kita kasih begitu saja, contohnya," kata JK.

Baca Juga: Anies Dapat Dukungan dari Purnawirawan TNI-Polri, Ada Mantan Kepala BIN dan Eks Danjen Kopassus

Selain itu, ia juga mengaku memberikan strategi-strategi untuk memenangkan pemilihan umum presiden (Pilpres) pada 2024 mendatang.

"Saya kan 3 kali ikut pemilu, tidak mudah, memang tidak mudah. tapi pengalaman-pengalaman itu kita bicarakan," kata JK, yang kini menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Anies pun membenarkan isi diskusi tersebut yang salah satunya membahas strategi pemenangan Pilpres 2024.

"Jadi diskusinya ke banyak hal, dan sarapan paginya enak sekali coto makassar, selesai itu tadi saya dapat oleh-oleh mulitivitamin," kata Anies.

Baca Juga: Jusuf Kalla dan Anies Bahas Pengaruh 'Luar' di Ekonomi RI, Termasuk China

Sebelumnya, ada dua tokoh politik yang juga menemui JK sebelum Anies Baswedan, yakni Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Prabowo yang merupakan bacawapres Koalisi Indonesia Maju telah bersilaturahmi pada 2 Mei 2023. 

Sementara itu, Puan Maharani datang ke rumah pribadi JK pada Rabu (4/10/2023) untuk membahas kondisi bangsa dan tantangan di masa depan.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x