Kompas TV nasional hukum

Respons Jokowi soal Dugaan Pimpinan KPK Peras Syahrul Yasin Limpo

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 15:03 WIB
respons-jokowi-soal-dugaan-pimpinan-kpk-peras-syahrul-yasin-limpo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di Hari Ulang Tahun ke-78 TNI yang digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespons dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Syahrul, politikus Partai NasDem, diduga diperas oleh pimpinan KPK setelah terseret kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Jokowi meminta dugaan pemerasan tersebut ditanyakan langsung kepada aparat penegak hukum. Sebab, dirinya tak akan merecoki persoalan hukum yang sedang berjalan. 

Baca Juga: Bantah Terima Uang, Firli Bahuri: Siapa yang Mau Kasih 1 Miliar Dolar Singapura ke Ketua KPK

"Enggak tahu, ditanyakan saja ke aparat penegak hukum, KPK atau ke mana, kepolisian ya," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/10/2023).

Ia mengaku tak mengetahui bahwa KPK hingga saat ini belum menetapkan Syahrul sebagai tersangka.

"Tanyakan ke KPK, masa tanyakan ke saya," kata Jokowi.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri membantah dirinya dan pimpinan KPK lainnya melakukan pemerasan dalam pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementan.

Hal ini disampaikan Firli dalam konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

"Kita memahami tentang informasi yang beredar, apa yang jadi isu sekarang, tentu harus kita pahami. Kita sampaikan bahwa hal tersebut tidak benar dan tidak pernah dilakukan oleh pimpinan KPK," katanya.

Firli kemudian menyinggung dirinya hanya memiliki satu ajudan bernama Kevin. Ia mengeklaim tak pernah ada orang yang menemui dirinya untuk memberikan sejumlah uang.

"Saya kira nggak ada orang-orang menemui saya apalagi ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah 1 miliar dolar, saya pastikan nggak ada. Siapa yang mau ngasih uang 1 miliar dolar?" jelasnya.

Ia juga menyatakan di Kementan hanya mengenal sosok Syahrul Yasin Limpo yang merupakan Menteri Pertanian (Mentan). Ia mengaku tak mengenal pejabat dengan level di bawah menteri.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi Jadi Plt Mentan usai Syahrul Yasin Mundur

"Di Kementerian Pertanian, saya kenalnya hanya menteri. Di saat rapat terbatas maupun sidang kabinet paripurna, saya selalu bicara pada menteri sebelum sidang, itu diambil fotonya," ujarnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x