Kompas TV nasional hukum

Todung Mulya Lubis: Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK Harus Dibongkar, Ini Ketua KPK Banyak Masalah

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 17:30 WIB
todung-mulya-lubis-dugaan-pemerasan-oleh-pimpinan-kpk-harus-dibongkar-ini-ketua-kpk-banyak-masalah
Praktisi Hukum Todung Mulya Lubis saat dialog di program Rosi KompasTV, Kamis (5/10/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Praktisi Hukum Todung Mulya Lubis mengatakan, dugaan pemerasan terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak boleh didiamkan meskipun sudah dibantah Ketua KPK Firli Bahuri.

Sebab dalam kasus dugaan pemerasan tersebut sudah ada dua orang yang dipanggil untuk dimintai keterangannya oleh Polda Metro Jaya.

Demikian Praktisi Hukum Todung Mulya Lubis dalam Program Rosi KompasTV, Kamis (5/10/2023) malam.

“Tuduhan terhadap pimpinan KPK yang melakukan pemerasan memang sudah dibantah oleh Ketua KPK itu sendiri, tapi tuduhan itu sendiri sudah didengar publik,” ujar Todung.

Baca Juga: Todung: KPK Harusnya Ciduk Mentan Syahrul Saat Turun dari Pesawat karena Dia Sudah Tersangka

“Dan tuduhan itu tidak bisa didiamkan kalau sudah ada 2 orang yang diperiksa oleh Polda Metro Jaya yang ditenggarai mengetahui ada pemerasan itu.”

Apalagi, kata Todung, KPK saat ini dipimpin oleh Firli Bahuri, Ketua KPK yang dinilainya  punya banyak masalah dalam kepemimpinannya dibanding pemimpin sebelumnya.

“Menurut saya, ini Ketua KPK yang banyak masalah. Saya tidak pernah menemukan Ketua KPK sebelumnya Ketua KPK yang sekarang yang punya masalah seperti ini,” kata Todung.


 

“Dan ini kan bukan satu-satunya masalah yang dihadapi karena sebelumnya sudah ada pemeriksaan dari Dewan Pengawas.”

Oleh karena itu, kasus dugaan pemerasan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh pimpinan KPK harus dibongkar untuk menyelamatkan integritas dan kredibilitas lembaga.

Baca Juga: Mantan Penyidik KPK: Ada Petunjuk Kuat Perilaku Tidak Biasa dalam Dugaan Korupsi Kementan

“Jadi menurut saya kredibilitas, wibawa KPK dipertaruhkan dengan isu pemerasan semacam ini, dan ini mesti dibongkar dengan tuntas,” ucap Todung.

Bukan hanya soal pemerasan, Todung juga menekankan kasus dugaan korupsi terhadap Syahrul Yasin Limpo juga harus dibongkar. Apalagi menurutnya ada sikap tidak solid di internal KPK dalam memberantas korupsi di Kementan.

“Tidak bisa ada impunitas dalam kedua kasus ini, nah saya melihat Dewan Pengawas yang semakin tidak berdaya menghadapi pimpinan KPK,” ujar Todung.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x