Kompas TV nasional humaniora

21 September Hari Perdamaian Internasional, Begini Sejarahnya

Kompas.tv - 21 September 2023, 05:00 WIB
21-september-hari-perdamaian-internasional-begini-sejarahnya
Foto ilustrasi markas besar PBB. (Sumber: Politico)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari Perdamaian Internasional atau World Peace Day diperingati setiap  21 September di seluruh dunia. Tujuan hari peringatan ini adalah untuk mempromosikan perdamaian dan non-kekerasan di seluruh dunia. 

Melansir laman resmi United Nations, tema Hari Perdamaian Internasional 2023 ini adalah "Actions for Peace: Our Ambition for the #GlobalGoals".

Tema ini menjadi seruan untuk beraksi dan bertindak memupuk perdamaian melalui tanggung jawab individu masing-masing. 

Hal ini juga berkaitan sebagai kontribusi pada terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG). SDG memiliki tujuan untuk mendekatkan kita pada masyarakat yang lebih damai, adil, dan inklusif, bebas dari rasa takut dan kekerasan. 

Namun tanpa adanya dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak, termasuk generasi muda, maka tujuan ini tidak akan tercapai.

Baca Juga: Tak Bisa Pulang Saat Ayah Meninggal, Kisah Pilu Pasukan Perdamaian di Afrika Tengah

Sejarah Hari Perdamaian Internasional pertama kali digagas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memperkuat perdamaian dunia dan mengurangi peperangan. Momen ini masuk ke dalam Resolusi Nomor 55/282 Tahun 1991.

Hari Perdamaian Internasional pertama kali dideklarasikan oleh Majelis Umum PBB pada hari Selasa ketiga di bulan September tahun 1981. Saat itu, beberapa negara, kelompok militer, politik, dan masyarakat merayakan Hari Perdamaian Internasional. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertolak ke India Hadiri KTT G20, Bawa Komitmen Stabilitas dan Perdamaian

Pada 2001, majelis menetapkan  21 Sptember sebagai Hari Perdamaian Internasional setiap tahun. Sehingga mulai  2002,  setiap 21 September tidak hanya menjadi waktu untuk membahas cara mendorong dan memelihara perdamaian di dunia, tetapi juga sebagai periode gencatan senjata global selama 24 jam.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x