Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Putuskan Deklarasi Dukung Prabowo Jadi Bakal Capres pada 21 September 2023

Kompas.tv - 18 September 2023, 10:03 WIB
demokrat-putuskan-deklarasi-dukung-prabowo-jadi-bakal-capres-pada-21-september-2023
Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya. (Sumber: Antara/Rahmat Fajri)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan, ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan mengumumkan dukungannya ke bakal capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024 pada Kamis (21/9/2023). 

Teuku menjelaskan, pengumuman itu akan dilaksanakan dalam agenda rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat. 

"Adapun deklarasi resmi untuk keputusan ini, akan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrat AHY dalam Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023, yang diikuti ribuan pengurus Partai Demokrat dari seluruh Indonesia," kata Teuku dalam keterangannya, Senin (18/9/2023). 

Baca Juga: PAN Sebut SBY akan Turun Gunung Perjuangkan Prabowo jadi Presiden di Pilpres 2024

Teuku menyebut, pertemuan antara Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dengan Prabowo kemarin sebagai bentuk tindaklanjut dari pertemuan keduanya beberapa waktu lalu. 

"Pertemuan ini melanjutkan pertemuan sehari sebelumnya di Cikeas yang dilakukan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua MTP Demokrat SBY dan Ketua Umum Partai Demokrat AHY," ujarnya. 

Selain itu, kata dia, AHY juga menitipkan pesan kepada partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju agar bisa membawa agenda perubahan dan perbaikan. 

"Ketum AHY juga menitipkan agenda perubahan dan perbaikan yang diusung Partai Demokrat; yang sudah baik dilanjutkan, yang belum baik diperbaiki," ujarnya. 

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan Partai Demokrat resmi mendukung bakal calon presiden (bacapres) prabowo Subianto di Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024.

"Alhamdulillah bahwa Partai Demokrat hari ini secara resmi menyatakan dukungannya kepada Pak Prabowo untuk menjadi calon presiden di Pilpres 2024," kata Viva kepada wartawan di kawasan Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Ia mengatakan Partai Demokrat hadir di kediaman Prabowo dalam acara silaturahmi Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang diikuti para ketua umum (ketum) partai politik pengusung Ketum Gerindra itu.

"Acara pada hari ini adalah menerima secara resmi, pernyataan dukungan dari Partai Demokrat untuk Pak Prabowo menjadi calon presiden Republik Indonesia di Pilpres 2024," kata Viva.

Viva menyebut, setidaknya ada tujuh petinggi partai politik pendukung Prabowo yang hadir dalam acara tersebut.


"Hadir para ketua umum partai politik pendukung Koalisi Indonesia Maju, yaitu PAN, Golkar, Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), Gelora, Prima, PSI, dan Garuda," ucapnya.

Baca Juga: Golkar: Selamat Datang Partai Demokrat, Menangkan Pilpres 2024 Bawa Indonesia lebih Maju

Ia mengatakan ada satu pimpinan partai politik yang tidak hadir, yakni Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra. Viva mengatakan Yusril tak bisa hadir karena sedang berada di luar negeri.

"Seluruh ketua umum hadir, kecuali Bang Yusril, lagi ada acara di luar negeri," ungkapnya. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x