Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Beberkan Alasan Ingin Pilpres 1 Putaran, PAN Ngaku Siap Satu Maupun 2 Putaran

Kompas.tv - 14 September 2023, 19:12 WIB
pdip-beberkan-alasan-ingin-pilpres-1-putaran-pan-ngaku-siap-satu-maupun-2-putaran
Djarot Saiful Hidayat menyebut Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) PDIP bisa diterima oleh masyarakat. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membeberkan alasan mereka mengupayakan agar Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024 hanya berlangsung satu putaran.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Kamis (14/9/2023) menjelaskan sejumlah alasan tersebut.

“Jadi PDI Perjuangan akan berjuang maksimal supaya pilpres ini bisa berjalan satu putaran. Ada beberapa aspek, beberapa dasar, mengapa kita harus berjuang pilpres itu bisa satu putaran,” tegasnya.

Djarot kemudian menjelaskan, berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang akan ada 204,8 jutapemilih.

“Jadi banyak banget. Kemudian TPS nya itu 820.161 TPS. Untuk putaran pertama, KPU sudah menganggarkan Rp64 triliun, sedangkan sampai dengan dua putaran, pemerintah bersama KPU sdah menganggarkan Rp76 triliun.”

Baca Juga: Dibuatkan Pantun oleh Sekjen PDIP Hasto, Begini Balasan Sandiaga Uno

“Kalau seumpama ini kita bisa maksimal berjuang di satu putaran untuk kemenangan Mas Ganjar, paling tidak negara bisa mengefisienkan Rp14 triliun, ini dari KPU sumbernya,” tegas Djarot.

Kedua, kata dia, jika melihat dari stabilitas  politik, pilpres yang berjalan satu putaran akan mempercepat pemulihan stabilitas, sehingga mendukung pemulihan dan percepatan stabilitas ekonomi.

“Dengan cara seperti itu maka kita bisa mempercepat apa yang sudah diletakkann oleh Pak Jokowi, kalau kepastian satu putaran Pak Ganjar Pranowo bisa memenangkan di Pilpres ini.”

“Jadi ini bukan hanya untuk Pak Ganjar Pranowo, tapi untuk kepentingan bangsa dan negara,” tuturnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x