Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Awal Musim Hujan Diprediksi Terjadi November 2023

Kompas.tv - 8 September 2023, 12:06 WIB
bmkg-awal-musim-hujan-diprediksi-terjadi-november-2023
Ilustrasi. BMKG memprakirakan awal musim hujan di Indonesia pada 2023/2024 secara umum akan terjadi pada November 2023. 
(Sumber: FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan di Indonesia pada 2023/2024 akan datang lebih lambat dibandingkan normalnya.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut awal musim hujan di tanah air secara umum diprakirakan akan terjadi pada November 2023. 

"Angin baratan (penanda awal mula musim hujan) yang berasal dari Benua Asia diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya," kata Dwikorita dalam konferensi pers daring, Jumat (8/9/2023).

"Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada November 2023," ujarnya.

Menurut penjelasannya, awal musim hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran/monsun Australia (angin dari arah Australia) menjadi angin baratan atau monsun Asia (angin yang berasal dari arah Asia).

"Jadi akan terjadi pergantian saat ini yang berpengaruh angin dari Australia, gurun Australia, yang saat ini sedang musim dingin dan kering," ungkapnya.

"Dan insyallah akan segera berganti dengan angin yang berasal dari benua Asia, dan akhirnya apabila angin itu berasal dari benua Asia yang membawa uap-uap air dari Samudera Pasifik di sekitar Asia, maka diharapkan segera memberikan awan-awan hujan dan mendatangkan musim hujan di wilayah kepulauan Indonesia," urai dia.

Berdasarkan prediksi BMKG, lanjut dia, angin timuran yang berasal dari Australia masih tetap aktif hingga November 2023, terutama di Indonesia bagian selatan.

Baca Juga: Puncak Musim Kemarau, BMKG Sebut Daftar Wilayah Ini Berpotensi Terancam Kekeringan

Meski secara umum diprediksi terjadi pada November, Dwikorita menyebut awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia.

Hal ini, lanjut dia, diakibatkan tingginya keragaman iklim di tanah air.

"Namun karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," ujarnya.

Menurut penjelasannya, beberapa wilayah yang dekat dengan benua Asia sudah lebih dulu mendapat musim hujan.

"Saat ini beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mengalami musim hujan, yaitu sebagian besar Aceh, tentunya yang lebih dekat ke Asia, sebagian besar Sumut, sebagian Riau, Sumbar bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau," ungkapnya.

Meski begitu, ia menyebut sebagian besar wilayah akan mengalami awal musim hujan pada November 2023.

Prediksi Awal Musim Hujan

Berikut prediksi BMKG terkait awal musim hujan 2023/2024:

September: Sebagian Sumatera Barat dan Riau bagian Selatan.

Oktober: Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, sebagian besar Kalimantan Timur.

November: Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara dan Papua Selatan bagian selatan.

Desember: Jawa Timur bagian utara, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Baca Juga: Kemarau Panjang, Pasokan Berkurang Harga Beras Naik


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x