Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Akui Nama Ridwan Kamil Masuk Radar Bakal Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 8 September 2023, 07:08 WIB
ppp-akui-nama-ridwan-kamil-masuk-radar-bakal-cawapres-ganjar-di-pilpres-2024
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi mengakui nama Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil masuk ke dalam radar bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. 

Ia menyatakan, dirinya telah mendengar bila sosok mantan gubernur Jawa Barat itu sedang dipertimbangkan untuk menjadi calon pendamping Ganjar di pesta demokrasi nanti. 

"Ya saya mendengar itu (nama Ridwan Kamil masuk dalam radar bakal cawapres Ganjar)," kata Arwani di gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/8/2023). 

Baca Juga: Akhirnya Terungkap! Ridwan Kamil Jelaskan Maksud Ada 'Breaking News' Pekan Depan

Meski begitu, kata dia, nama Ridwan Kamil belum dibahas bersama petinggi partai politik (parpol) pendukung Ganjar di Pilpres 2024. 

Ganjar didukung oleh PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo. 

"Di dalam pertemuan para Ketua Umum nama-nama itu belum muncul, dalam pertemuan lebih luas lagi yang hadir juga sekjen dan elit parpol di DPP masing-masing parpol, nama-nama itu juga belum muncul,” katanya. 

Ia meyakini bila nantinya pada waktu yang tepat seluruh ketua umum parpol, yakni Megawati Soekarnoputri, Mardiono, Oesman Sapta Odang dan Hary Tanoe akan duduk bersama menentukan sosok yang pas untuk disandingkan dengan Ganjar. 

"Artinya, ruang untuk membahas dan memutuskan bakal cawapresnya Mas Ganjar itu tentu kami akan selalu memegang teguh komitmen untuk memberikan kepercayaan dan menghormati Ibu Megawati yang nantinya bersama dengan para ketum tentu akan melaksanakan tahapan itu,” kata Arwani.

PPP, lanjut dia, tetap memperjuangkan Ketua Bappilu Nasional PPP Sandiaga Uno untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. 

Menurutnya, Menparekraf itu bukanlah orang baru dalam percaturan pilpres karena pernah maju sebagai cawapres di Pilpres 2019 dengan perolehan suara signifikan. 

"Sosok yang juga punya kemampuan ya di bidang ekonomi, beliau juga pelaku ya, sekarang sangat dekat dengan dunia pariwisata."

"Sosok Sandi juga sangat dengan dengan kalangan ulama baik di Jabar, Jateng, maupun di Jatim dan di beberapa provinsi lain yang itu semua sudah kita lihat sepak terjangnya dalam beberapa kesempatan pergelaran politik," kata Arwani. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menyatakan, pihaknya tetap mendorong sosok ketua umumnya, Airlangga Hartarto menjadi bakal cawapres dari Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. 

Hal ini menanggapi isu kabar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil akan dimajukan sebagai bakal cawapres dari partai politik (parpol) berlambang pohon beringin tersebut. 

Baca Juga: Sekjen PDIP: Nama Bakal Cawapres Ganjar Sudah Dibahas Megawati dengan Jokowi

"Sikap politik Golkar saat ini adalah mencalonkan Pak Prabowo sebagai capres dan mendorong Pak Airlangga sebagai cawapresnya," kata Dave saat dihubungi, Kamis (7/9/2023).




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x