Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Masih Berharap Demokrat Kembali ke Koalisi Perubahan

Kompas.tv - 4 September 2023, 21:10 WIB
pks-masih-berharap-demokrat-kembali-ke-koalisi-perubahan
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam konferensi pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Senin (4/9/2023). (Sumber: KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Keadilan Sejahtera atau PKS masih berharap Partai Demokrat kembali ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menduga keputusan Demokrat keluar dari KPP dan mencabut dukungan terhadap Anies Baswedan karena Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kaget Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) batal menjadi bakal cawapres.

Maka dari itu, Jazuli mengatakan pihaknya masih berharap Demokrat bisa kembali ke KPP.

"Bisa saja kemarin Pak SBY mengatakan, 'Saya cabut', karena lagi agak kaget gitu, begitu cepat perubahan," kata Jazuli saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2023), dikutip dari Kompas.com.

"Tapi mungkin saja setelah renungan lagi, namanya orang kan, kan bagus juga kalau akhirnya Demokrat gabung lagi sama koalisi ini," ujarnya.

Jazuli menyatakan meskipun Demokrat telah mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan Koalisi Perubahan, dirinya berharap partai yang dipimpin AHY itu akan melakukan perenungan.

"Saya sih masih tetap berharap meskipun Pak SBY sudah mengatakan atau Demokrat sudah mengatakan cabut, saya masih berharap mudah-mudahan ke depan ada perenungan ulang bisa gabung dengan koalisi ini," ucapnya.

Baca Juga: Sinyal dari Demokrat Usai Ditinggal Anies, Pilih Ganjar atau Prabowo?

Sementara terkait Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi bakal cawapres Anies, Jazuli menegaskan segala keputusan akan diambil melalui Majelis Syuro PKS.

Dalam konteks ini, kata dia, penentuan nama Cak Imin masih harus dibahas dan diputuskan dalam Majelis Syuro PKS. Berbeda dengan Anies yang sudah ditetapkan sebagai capres pilihan PKS oleh Majelis Syuro.

"Ya kita harus rapatkan dulu nih di Majelis Syuro supaya lebih objektif lah kira-kira ngambil keputusannya itu. Kemudian Majelis Syuro ini anggotanya ada 99, kita tentu berharap 99 orang dengan pemikiran beragamnya jauh lebih objektif ketimbang keputusan individu, dan itu memang sudah protapnya PKS dalam mengambil kebijakan dan keputusan strategis," jelas Jazuli.




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x