Kompas TV nasional humaniora

Cerita Hartono Bapak Bayi yang Tertukar: Ayah Meninggal Menjelang sang Anak Lahir

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 22:16 WIB
cerita-hartono-bapak-bayi-yang-tertukar-ayah-meninggal-menjelang-sang-anak-lahir
Hartono, ayah dari bayi yang tertukar di Bogor, di Program Rosi, Kamis (31/8/2023), menceritakan bahwa ayahnya meninggal menjelang bayinya lahir. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kakek dari bayi yang tertukar di Bogor, Jawa Barat, meninggal dunia menjelang anak dari pasangan Hartono dan Dian Prihatini tersebut lahir.

Pasangan Hartono dan Dian merupakan orang tua dari bayi yang tertukar di Rumah Sakit Sentosa, Bogor. Anak mereka tertukar dengan bayi dari Siti Mauliah.

Hartono mengaku dirinya dan keluarga sama sekali tidak pernah kepikiran bahwa buah hatinya dengan sang istri tertukar di rumah sakit.

Terlebih, dalam memperoleh momongan, ia dan sang istri melakukan upaya yang tidak mudah, sebab istrinya sempat mengalami kendala.

“Kaget, syok dengan kejadian semacam ini, nggak terpikirkan, gitu, kok bisa terjadi, gitu. Bahkan untuk memikirkan saja tidak tahu, kok bisa seperti ini,” tuturnya dalam program Rosi, Kompas TV, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Bawa Kabur Bayi dan Sepeda Motor, Perempuan Ini Tertangkap di Sumbar, Begini Pengakuannya

“Karena kita untuk mendapatkan sebuah momongan itu perjuangan banget gitu. Sempat kosong, 1,5 tahun karena istri ada kendala, ada sakit, terus kita ngikutin program buat istri biar bisa hamil.”

Setelah upayanya berhasil, sang istri hamil, dan seiring  berjalannya waktu ia merawat sang istri agar senantiasa sehat selama proses kehamilan tersebut.

Bahkan, saat usia kandungan Dian mencapai tujuh bulan, ia dan istrinya tersebut pulang kampung untuk melakukan upacara tujuh bulanan.

“Saat menjelang persalinan kan ada acara tujuh bulanan, kita pulang ke kampung dulu, dan di situ juga ada embahnya ya, almarhum bapak yang selalu nanyain kapan lahirannya? Nanyain calon cucunya itu kapan lahiran.”

Setelah kembali ke Bogor seusai upacara tujuh bulanan, sang ayah atau kakek dari bayinya selalu menanyakan waktu persalinan cucunya.

“Kurang dari seminggu (istri melahirkan), dapat kabar, pas barengan istri masuk rumah sakit, bapakku nggak ada, meninggal, saya pulang karena harus mendampingi keluarga karena bapak meninggal.”

“Sampai di sana sore, malam acara tahlilan, paginya langsung berangkat lagi ke rumah sakit,” kenangnya.

Baca Juga: Bayi Tertukar Mulai Masa Transisi Sebulan, Begini Kata Dinsos Kota Bogor

Saat anaknya lahir, dan keduanya mengasuh dengan sepenuh hati, tiba-tiba ada kabar bahwa bayinya diduga tertukar dengan anak Siti.

“Tiba-tiba ada yang datang konfirmasi kalau ada kaitannya anak saya sama anaknya Bu Siti itu ada indikasi tertukar.”


 

Semenjak itu Hartono dan Dian kemudian merasa terguncang, bahkan mengaku sempat stress. Hingga akhirnya setelah test DNA keluar, mereka menemukan kebenaran anak kandungnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x