Kompas TV nasional hukum

6 Orang Terlibat Penculikan dan Pembunuhan Imam Masykur: 3 Prajurit TNI, Sisanya Warga Sipil

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 19:58 WIB
6-orang-terlibat-penculikan-dan-pembunuhan-imam-masykur-3-prajurit-tni-sisanya-warga-sipil
Sosok Imam Masykur, pria asal Aceh yang diduga diculik dan dianiaya hingga tewas oleh anggota Paspampres. (Sumber: Serambinews)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus kematian Imam Masykur pemuda 25 tahun asal Desa Mon Kelayu, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Aceh, perlahan tapi pasti mulai terungkap. 

Sejauh ini ada enam pihak yang terlibat penculikan, penganiayaan hingga membuat Imam meninggal dunia. Tiga di antaranya merupakan prajurit TNI. 

Ketiga prajurit TNI yang kini ditetapkan sebagai tersangka yakni Prajurit Kepala (Praka) HS, Praka J, dan Praka RM. Praka HS merupakan prajurit TNI dari satuan Direktorat Topografi TNI AD. 

Praka J prajurit dari Kodam Iskandar Muda dan Praka RM merupakan prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

Sementara tiga pihak lainnya yakni warga sipil yang sudah diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Ancaman Anggota Paspampres ke Ibunda Imam Masykur: Anak Ibu Saya Bunuh, Saya Buang ke Sungai

Komandan Polisi Militer Kodam Jaya (Danpomdam Jaya) Kolonel CPM Irsyad Hamdie Bey Anwar menjelaskan, ketiga oknum TNI itu menculik dan menyiksa Imam Masykur dengan motif mendapat keuntungan.

Ketiga prajurit itu sudah mengetahui Imam menjual obat-obatan ilegal, kemudian menculik dan memeras Imam.

"Kalau dia diculik, diperas, dia cenderung tidak lapor dengan kepolisian. Jadi pura-pura jadi polisi bodong, tangkap, terus meminta sejumlah uang buat ditebus," ujar Irsyad saat jumpa pers di Kodam Jaya, Selasa (29/8/2023).

Irsyad menambahkan, saat diculik, korban mendapatkan penganiayaan dan meminta keluarga mengirim uang tebusan. Namun, penganiayaan berlebihan itu ternyata membuat korban meninggal dunia. 

"Ketiganya kini sudah ditahan di POM Kodam Jaya dan sedang diperiksa intensif," uajr Irsyad. 

Baca Juga: Pesan Ibu Imam Korban Penganiayaan Oknum Paspampres pada Jokowi

Peran pihak sipil

Selain prajurit TNI, ada tiga warga sipil yang terlibat dalam penculikan hingga pembunuhan Imam Maskyur.

Ketiganya yakni AM, H, dan ZS yang merupakan kakak ipar Praka RM. AM dan H merupakan penadah hasil kejahatan yang dilakukan tiga prajurit TNI tersangka pembunuh dan pemeras Imam.

Sedangkan ZS adalah pihak yang membawa mobil saat tiga prajurit TNI menculik Imam dari sebuah toko kosmetik yang berada di daerah Rempoa, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, pada 12 Agustus 2023.

Imam Masykur diduga mendapat penganiayaan hingga meninggal dunia. Jenazah Masykur ditemukan warga di Sungai Citarum, tepatnya di Bendungan POJ Curug, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. 

Baca Juga: Oknum Paspampres Diduga Aniaya Warga Hingga Tewas, Ibu Korban Tak Tahu Anaknya Punya Masalah

RSUD Karawang menerima jenazah dari Polres Karawang pada 15 Agustus 2023 dan kemudian diserahkan ke Polda Metro Jaya dan Pomdam Jaya pada 22 Agustus 2023.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x