Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi saat Resmikan LRT: Jakarta Masuk 10 Kota Termacet Sedunia, Ada 996.000 Kendaraan Tiap Hari

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 10:04 WIB
jokowi-saat-resmikan-lrt-jakarta-masuk-10-kota-termacet-sedunia-ada-996-000-kendaraan-tiap-hari
Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat, Senin (28/8/2023) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) hari ini, Senin (28/8/2023) pukul 09.00 WIB.

Disela-sela sambutan peresmian, Presiden Jokowi menyebut DKI Jakarta masuk daftar 10 kota termacet sedunia dengan 996.000 kendaraan tiap harinya.

"DKI Jakarta ini selalu masuk dalam 10 besar kota termacet di dunia. Setiap hari masuk 996.000 kendaraan ke Jakarta. Oleh sebab itu, macet polusi juga selalu ada di Jakarta," ucap Jokowi dalam tayangan Breaking News Kompas TV, Senin.

Jokowi berharap dengan dibangunnya transportasi umum seperti LRT, MRT, KRL, Transjakarta, BRT hingga Kereta Bandara dapat membuat masyarakat tak lagi menggunakan kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-hari.

Baca Juga: Testimoni Menteri BUMN Erick Thohir Kala Coba LRT Jabodebek Bersama Presiden Jokowi

Ia mengakui bahwa membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum tidak mudah. 

"Memang tidak mudah, contoh MRT, meskipun setiap hari saya lihat penuh, tapi kapasitas yang kita inginkan 180.000 penumpang dan hari ini masih 80.000, masih ada kapasitas yang belum terisi," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi naik LRT Jabodebek Cibubur Line ke lokasi peresmian dari Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Kesan Pertama Sri Mulyani Jajal LRT Jabodebek: Excited Sambil Deg-Degan!

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana bertolak sekitar pukul 08.25 WIB tiba sekitar 09.00 WIB. Terlihat juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menkeu Sri Mulyani, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, terlihat juga Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.


 


Setelah diresmikan Jokowi, masyarakat umum juga bisa langsung menjajal LRT Jabodebek ini mulai siang nanti sekitar pukul 14.00 WIB.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x