Kompas TV nasional politik

Cak Imin Protes, Pemerintah Dinilai Tak Serius Atasi Masalah Polusi Udara

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 08:02 WIB
cak-imin-protes-pemerintah-dinilai-tak-serius-atasi-masalah-polusi-udara
Foto ilustrasi kabut asap sebabkan polusi udara di DKI Jakarta. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memprotes kebijakan pemerintah yang dinilai tak serius dalam menangani polusi udara di wilayah Jabodetabek. 

Menurutnya, kualitas udara di Jabodetabek beberapa pekan terakhir ini sangat buruk dan harus segera diantisipasi.

"Meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah darurat mengatasi polusi yang kian memburuk," katanya, Minggu (27/8/2023).

Baginya, pemerintah terlihat tidak serius menangani polusi udara. 

"Kita semua protes penanganan oleh pemerintah terhadap udara yang buruk ini tidak terlihat serius, tidak ada langkah-langkah emergency, padahal udara yang kita hirup di Jabodetabek ini emergency," lanjutnya. 

Baca Juga: Wali Kota Depok Bicara Soal Kondisi Polusi Udara di Depok

Ia meminta pemerintah segera melakukan langkah-langkah kongkret guna mengurangi polusi udara. 

"Karena itu saya minta kepada pemerintah untuk segera mengambil langkah-langkah darurat, karena pernapasan kita sudah mulai darurat akibat unhealthy udara yang ada di Jabodetabek," katanya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengimbau kepada seluruh kader agar berkomitmen untuk menanam di wilayah masing-masing demi mewujudkan Indonesia sehat dan hijau.

"Masyarakat khususnya warga PKB harus menjaga lingkungan mulai dari menanam pohon, menghijaukan lingkungan, menghijaukan Indonesia," kata Cak Imin.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya mengerahkan mobil water cannon untuk menyiram jalan protokol.

Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya menyiram dua sisi Jalan Jenderal Sudirman hingga Patung Pemuda Membangun, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023).

Ada empat mobil water cannon milik Polda Metro Jaya yang dikerahkan untuk penyemprotan di seputaran area Jalan Merdeka Barat Monas, Jalan Jenderal Sudirman hingga Patung Pemuda Membangun Senayan.

Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya juga berkolaborasi dengan Dinas Operasional Pemadam Kebakaran serta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta dalam melakukan penyiraman jalan ini. 

Baca Juga: Heru Budi Tunggu Kajian KLHK Soal Semprot Air ke Jalan Bisa Tekan Polusi Udara di Jakarta

"Polusi udara di Jakarta menjadi perhatian masyarakat, maka itu Polri khususnya Polda Metro Jaya melakukan kesiapan dengan pengecekan kendaraan taktis water cannon, dan kemudian melakukan penyemprotan jalan protokol guna mengurangi dampak polusi udara di Jakarta," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (24/8/2023). 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x