Kompas TV nasional peristiwa

Cek Alokasi Formasi CPNS Terbanyak untuk CASN 2023 yang Dibuka Tahun Ini

Kompas.tv - 23 Agustus 2023, 09:05 WIB
cek-alokasi-formasi-cpns-terbanyak-untuk-casn-2023-yang-dibuka-tahun-ini
Ilustrasi PNS (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah telah mengumumkan rencana untuk membuka rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2023.

Rekrutmen mencakup penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan berfokus pada mengakomodasi tenaga non-ASN. Lantas berapa alokasi formasi untuk ASN tahun 2023? 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan 572.496 formasi ASN akan dibuka.

Dari jumlah tersebut, 78.862 formasi akan dialokasikan untuk instansi pemerintah pusat. Sementara 493.634 formasi akan tersedia di berbagai pemerintah daerah.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Gaji PNS Sebelum dan Sesudah Naik 8 Persen

Secara rinci, alokasi formasi CASN di pemerintah pusat mencakup 28.903 formasi untuk CPNS dan 49.959 formasi untuk PPPK.

Di tingkat pemerintah daerah, alokasi PPPK akan berfokus pada guru 296.084 formasi, tenaga kesehatan 154.724 formasi, dan teknis 42.826 formasi.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menjelaskan pemerintah memberikan fokus khusus pada tenaga non-ASN atau honorer dalam penerimaan ASN kali ini. 

Sekitar 80 persen dari formasi yang akan dibuka akan diperuntukkan bagi pelamar dari kalangan tenaga non-ASN, sementara 20 persen sisanya terbuka untuk pelamar umum.

Baca Juga: Apakah Tukin PNS Naik Seiring Kenaikan Gaji? Begini Penjelasan Kemenpan RB

"Pemerintah secara konsisten memberikan afirmasi, menunjukkan keberpihakan untuk tenaga non-ASN atau honorer, juga kepada eks THK-II (Tenaga Honorer eks Kategori II), karena mereka telah mengabdi," ungkap Anas dikutip dari Kompas.com, Rabu (23/8/2023).


Anas mengatakan formasi paling banyak akan dialokasikan untuk posisi guru dan tenaga kesehatan, yang sesuai dengan arah kebijakan pelayanan dasar.

"Hampir 80 persen formasi 2023 untuk guru dan tenaga kesehatan," lanjut Anas.

Baca Juga: Simak Persyaratan Rekrutmen CPNS 2023 untuk Lulusan SMA, Daftar di sscasn.bkn.go.id

Selain itu pemerintah juga memberikan kesempatan bagi talenta di bidang digital dan data scientist untuk bergabung dalam rekrutmen ASN.

Namun, pada tahun ini, formasi yang terdampak transformasi digital akan mengalami pengurangan.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x