Kompas TV nasional rumah pemilu

PAN Usulkan Nama Baru Koalisi Pengusung Prabowo: Indonesia Maju Berdaulat

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 09:31 WIB
pan-usulkan-nama-baru-koalisi-pengusung-prabowo-indonesia-maju-berdaulat
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Minggu (13/8/2023). (Sumber: Dokumen DPP PAN. )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra telah sepakat berkoalisi menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Keempat partai politik (parpol) itu sepakat mengusung nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres di pesta demokrasi nanti. 

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengusulkan nama baru untuk koalisi bersama Gerindra, Golkar, dan PKB tersebut. 

Baca Juga: Ini Arahan Megawati Usai Golkar dan PAN Deklarasi Dukungan ke Prabowo Subianto

Sebelumnya, Gerindra dan PKB menamakan koalisi itu bernama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Namun saat ini diusulkan diganti. “Saya usulkan namanya Koalisi Indonesia Maju Berdaulat,” kata pria yang karib disapa Zulhas dalam keterangannya, Rabu (16/8/2023).

Zulhas menitikberatkan isu kedaulatan sebagai kelanjutan dari keberhasilan pemerintahan Jokowi yang fokus pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Menurut dia, kedaulatan di bidang pangan, energi, dan lainnya menjadi hal penting untuk dicapai oleh pemerintahan selanjutnya.

“Pembangunan dalam bidang ekonomi dan infrastruktur yang telah dikerjakan Kabinet Indonesia Maju secara gemilang, perlu dilanjutkan dengan mengawal kedaulatan di bidang pangan dan energi. Swasembada pangan merupakan mandat pemerintahan berikutnya yang harus disukseskan bersama,” kata Zulhas.

Sementara itu, Prabowo memaparkan sejumlah visi dan program yang menegaskan komitmen untuk melanjutkan keberhasilan pemerintahan sebelumnya pada Kabinet Indonesia Maju. 

“Program pro rakyat yang diusung oleh Presiden Joko Widodo perlu kita lanjutkan dan kita perkuat lagi. Karena program tersebut bisa melindungi perekonomian bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” kata Prabowo.

Sebelumnya, Partai Golkar dan PAN resmi menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024 pada Minggu (13/8).

Dengan dukungan Golkar dan PAN, total partai yang telah mendukung Prabowo kini menjadi empat ditambah Gerindra dan PKB yang telah lebih dulu menyatakan mengusung Menteri Pertahanan tersebut sebagai capres.

Dukungan itu ditandai dengan pertemuan para ketua umum partai politik yakni, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Prabowo Subianto, Minggu.

PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hanura telah menyatakan mendukung bakal capres Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Presiden Jokowi Blak-Blakan Soal Golkar-PAN Dukung Prabowo, Begini Katanya

Sedangkan Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, mengusung Anies Baswedan.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x