Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Buka Kemungkinan Pilih Bakal Cawapres dari Jawa Timur, Berikut Nama-nama yang Diperhitungkan

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 08:25 WIB
anies-buka-kemungkinan-pilih-bakal-cawapres-dari-jawa-timur-berikut-nama-nama-yang-diperhitungkan
Bakal capres Anies Baswedan menyapa jemaah seusai menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/3/2023). (Sumber: ANTARA/Ananto Pradana)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengatakan dirinya membuka peluang yang mendampingi dirinya nanti di Pilpres 2024 berasal dari Jawa Timur. 

Namun, ia tak menjelaskan lebih lanjut ihwal sosok yang dimaksud tersebut. 

Hal ini menjawab pertanyaan wartawan terkait kemungkinan memilih sosok bakal cawapres dari Jawa Timur. 

Baca Juga: Anies Hormati Golkar-PAN Dukung Prabowo: Kan dari Dulu Bukan Koalisi Kami

"Bisa jadi (bakal cawapres dari Jawa Timur), kita lihat nanti, sambil jalan," kata Anies seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Minggu (13/8/2023). 

Saat berbicara sosok dari Jawa Timur ada dua tokoh perempuan yang patut diperhitungkan.

Pertama adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Dirinya menyatakan siap maju ke pesta demokrasi bila diizinkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU. 

Khofifah menjelaskan, terkait langkah politiknya nanti masih menunggu lampu hijau dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

"Saya kebetulan sekarang ini masih ketua umum terbesarnya NU, Ketua Umum PP Muslimat NU. Saya juga salah satu ketua PBNU. Sehingga langkah-langkah yang memang terkait kebijakan makro organisasi harus mendapatkan green light (lampu hijau PBNU). Saya belum melakukan komunikasi dan konfirmasi," kata Khofifah seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Minggu (6/8/2023).

Khofifah menyatakan dirinya akan melakukan konsultasi dengan jajaran PBNU dan para kiai di Jawa Timur dalam memutuskan langkah politiknya di pesta demokrasi nanti. 

"Tapi bahwa apa yang terkonfirmasi kepada publik, biar sementara mengalir saja. Saya bukan siapa-siapa. Tapi ketika misalnya bersama komunitas pesantren, maka pasti saya akan sowan, pendapat, nasihat tentu dari para ulama, kiai, terutama saya berasal dari Jawa Timur," ujarnya. 

Kedua adalah putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid. 

Yenny mengaku sudah siap untuk menjadi bakal cawapres bila diminta oleh salah satu partai politik atau parpol. 


"Saya juga masuk dalam kategori itu tentunya harus siap (menjadi bakal cawapres). Harus bersedia, harus menyiapkan diri," kata Yenny di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/8/2023). 

“Karena itu kan memang salah satu tujuan kita adalah untuk menduduki jabatan publik yang strategis agar bisa membuat kebijakan publik yang membuat perubahan positif di masyarakat,” ujarnya. 

Baca Juga: Soal Bacawapres Anies, AHY: Masyarakat Menanti Kepastian

Yenny menjelaskan, dirinya memiliki kedekatan dengan seluruh bakal capres yang namanya beredar di masyarakat, seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x