Kompas TV nasional peristiwa

Soal Ribut-ribut Rocky Gerung: Jokowi Nyantai, Moeldoko Siap Bertaruh Nyawa

Kompas.tv - 4 Agustus 2023, 13:56 WIB
soal-ribut-ribut-rocky-gerung-jokowi-nyantai-moeldoko-siap-bertaruh-nyawa
Foto arsip Rocky Gerung. Pidato akademisi Rocky Gerung yang menyinggung Presiden Joko Widodo atau Jokowi ternyata belum mereda. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pidato akademisi Rocky Gerung yang menyinggung Presiden Joko Widodo atau Jokowi ternyata belum mereda.

Terbaru, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meradang dengan ucapan Rocky Gerung. Moeldoko menyampaikan, dirinya bertugas menjaga kehormatan Presiden. Maka, ia mengingatkan Rocky untuk tak mengulangi ucapannya.

”Jangan main-main itu. Sekali lagi saya ulangi, jangan main-main. Kalau bersinggungan dengan itu, saya akan berdiri paling depan,” tegas Moeldoko, dikutip dari channel YouTube KompasTV.

Moeldoko juga menegaskan agar tidak ada pihak yang mengganggu Presiden.

”Saya sebagai prajurit biasa mempertaruhkan nyawa di medan perang tanpa kalkulasi, apalagi menghadapi situasi seperti ini, biasa. Jadi, jangan coba-coba mengganggu Presiden,” ucap mantan Panglima TNI itu.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Terima 3 Laporan soal Dugaan Penghinaan Rocky Gerung terhadap Presiden Jokowi

Menurut dia, ucapan Rocky Gerung sudah termasuk sikap menyerang pribadi Presiden.

”Ini sudah saya kategorikan menyerang. Menyerang pribadi Presiden. Sungguh tidak bisa ditoleransi. Enggak bisa ditoleransi,” katanya dikutip dari Kompas.id.

Padahal sebelumnya, Jokowi tak ambil pusing. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak akan melaporkan Rocky Gerung akibat ucapannya yang dinilai sejumlah kalangan sebagai penghinaan terhadap Presiden.

”Bisa kalau melapor, bisa. Tapi, Istana enggak ngelapor. Kalau delik aduannya harus Pak Jokowi sendiri yang lapor. Seperti Pak SBY (Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono) dulu, kan, laporkan Eggi Sudjana karena tuduhan apa dulu, kalau enggak salah pemberian hadiah mobil dari Korea,” ujar Mahfud seusai mengikuti rapat terbatas tentang gelar tanda jasa dan tanda kehormatan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (3/8).


"Ini Pak Jokowi enggak mau lapor. Karena bagi Pak Jokowi remeh aja, ngapain dilaporin,” tambah Mahfud.

Presiden sendiri menganggap kecil ucapan Rocky Gerung.

”Itu hal-hal kecillah. Saya kerja saja,” ujar Presiden Jokowi, Rabu (2/8).

Baca Juga: Rocky Gerung Dinilai Serang Pribadi Jokowi, Moeldoko: Jangan Coba-Coba Ganggu Presiden

Rocky Gerung dilaporkan ke polisi

Ucapan Rocky Gerung yang dinilai menghina, juga membuat Relawan Indonesia Bersatu melaporkannya ke polisi atas dugaan penghinaan terhadap Presiden Jokowi, pada Senin (31/7).

Mereka melaporkan Rocky Gerung terkait ucapannya dalam video yang dinilai menghina Jokowi. Video tersebut ditayangkan oleh akun YouTube milik Refly Harun.

Rocky Gerung dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penghinaan Presiden Jokowi lewat orasinya di acara Kondolidasi Akbar Aliansi Aksi Sejuta Buruh bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) pada Sabtu (29/7) lalu di Bekasi, Jawa Barat. 

Mulanya, Rocky Gerung menyinggung langkah Presiden Jokowi yang menurutnya pergi ke China untuk menawarkan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Namun, dalam orasinya, ia menyebut kata-kata "bajingan" dan kata "tolol" yang dinilai sebagai kata makian dan menghina presiden.




Sumber : Kompas TV, Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x