Kompas TV nasional peristiwa

15 Media Siber Mengundurkan Diri, AMSI Bantah Menyeleweng dari Visi Awal

Kompas.tv - 29 Juli 2023, 21:09 WIB
15-media-siber-mengundurkan-diri-amsi-bantah-menyeleweng-dari-visi-awal
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bertemu dengan Dewan Pers pada Selasa (11/7/2023) untuk mempertanyakan perkembangan regulasi “Publisher Rights” yang ditunggu-tunggu industri media siber. (Sumber: AMSI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menanggapi pengunduran diri 15 media siber dari organisasi tersebut. Media-media itu merilis pernyataan bersama bahwa mereka mundur karena dinamika AMSI tidak lagi sejalan dengan tujuan awal organisasi.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menyatakan organisasi itu masih sejalan dengan visi-misi awal yang disepakati bersama. AMSI menilai alasan pengunduran diri ke-15 media tersebut belum sepenuhnya terang.

Sebelumnya, 15 media siber itu mengundurkan diri dari AMSI ada Jumat (28/7/2023). Di antara 15 media itu, delapan di antaranya bagian dari 26 media yang mendirikan AMSI.

"Pengurus Pusat dan anggota AMSI di seluruh Indonesia menilai belum terang benar dinamika mana yang menjadi alasan pengunduran diri teman-teman. Dalam pengumuman mereka, tidak jelas visi awal mana yang dianggap tak lagi sejalan, maupun program mana yang dinilai melanggar kesepakatan."

"Tetapi kerja sama dan perkawanan selama membangun AMSI rasanya terlampau penting untuk sekedar diusik oleh pertanyaan tentang sebuah alasan," kata Wenseslaus dalam siaran pers yang diterima Kompas TV, Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga: AMSI, AJI, IJTI dan IDA Minta Presiden Jokowi Cari Jalan Terbaik untuk Perpres Publishers Rights

Wenseslaus menambahkan, AMSI masih setia dengan tujuan awal, yakni mendorong ekosistem media Indonesia yang sehat, menghargai jurnalisme berkualitas, patuh pada serangkaian kode etik, dan tunduk pada kepentingan publik.

"Itu sebabnya, selama enam tahun terakhir, AMSI fokus pada serangkaian program perbaikan internal, membenahi konten, mendorong perbaikan sisi teknologi, model bisnis, memotivasi anggota agar memelihara relevansi dengan kebutuhan publik, sembari terus beradaptasi dengan perkembangan dunia digital yang berubah begitu cepat," kata Wenseslaus.

"Demi semua tujuan itu, AMSI bekerja sama dengan lembaga pemerintahan, kampus, perusahaan swasta di dalam negeri maupun luar negeri, serta banyak lembaga internasional. AMSI juga aktif sebagai konsituen Dewan Pers merumuskan regulasi dan kebijakan untuk merawat dan menjaga kebebasan pers serta meningkatkan kualitas jurnalis dan pers di Indonesia."

AMSI pun menyampaikan terima kasih kepada 15 media yang memutuskan mundur atas sumbangsih mereka membahasakan AMSI. Adapun ke-15 media tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Beritasatu (beritasatu.com)
  2. Bisnis Indonesia (bisnis.com)
  3. CNN Indonesia (cnnindonesia.com)
  4. CNBC Indonesia (cnbcindonesia.com)
  5. Detikcom (detik.com)
  6. Gatra (gatra.com)
  7. Infobank (infobanknews.com)
  8. Investor (investor.id)
  9. Jakarta Globe (jakartaglobe.id)
  10. Kompas.com
  11. Kumparan (kumparan.com)
  12. Medcom.id
  13. Metro TV (metrotvnews.com)
  14. SWA (Swa.co.id)
  15. The Jakarta Post (thejakartapost.com)

Baca Juga: Google Beri Bantuan Rp5,2 M untuk Startup di Indonesia, Ini Syaratnya

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x