Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Yakin Demokrat Tak akan Gabung dengan Gerindra: Semuanya Solid

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 09:04 WIB
anies-yakin-demokrat-tak-akan-gabung-dengan-gerindra-semuanya-solid
Foto arsip. Pertemuan Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat (7/10/2022). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden atau bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menanggapi pertemuan antara Partai Demokrat dengan Partai Gerindra belum lama ini.

Anies meyakini koalisi partai politik atau parpol yang mendukungnya tetap solid meskipun Partai Demokrat menjalin komunikasi dengan Partai Gerindra. 

Menurut Anies, komunikasi yang dibangun antara dua partai politik itu merupakan contoh praktik demokrasi yang dewasa.

Baca Juga: AHY Masuk 5 Besar Bakal Cawapres Ganjar, Demokrat: Kami Tetap Usung Anies di Pilpres 2024

“Semuanya solid. Justru, menurut saya, komunikasi itu bagus dibangun. Inilah demokrasi yang dewasa. Pilihan boleh berbeda, tapi silaturahmi jalan terus,” kata Anies di Yogyakarta, Senin (24/7/2023).

Anies menjelaskan selama ini para tokoh politik yang memiliki pilihan berbeda, kerap tidak tampil di depan publik secara bersama-sama. 

Karena itu, ketika ada elite politik dari koalisi berbeda yang melangsungkan pertemuan, hal tersebut kerap dianggap aneh.

“Kita ini selama waktu yang cukup panjang, kalau pilihan berbeda, terus enggak tampil di depan publik bersama, sehingga ketika tampil di depan publik itu kayak sesuatu yang aneh,” ujar Anies. 

“Lalu, itulah yang menjadi percakapan. Seharusnya kalau tidak ketemu malah aneh, kalau ketemu seharusnya menjadi normal.”

Anies juga meyakini, komunikasi Partai Demokrat dengan partai di luar Koalisi Perubahan tidak akan mengubah keputusan Demokrat dalam mendukungnya.

Baca Juga: Anies Belum Mau Umumkan Nama Bakal Cawapres: Kalau Mengejutkan atau Tidak Tergantung Ya

Lebih lanjut, Anies mengaku sedang menyiapkan sejumlah program untuk menghadirkan perbaikan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya memperbanyak lapangan pekerjaan dan menurunkan biaya hidup.

“Kita bekerja menyiapkan agenda-agenda yang terkait perubahan untuk rumah tangga. Kita ingin berubah, dari biaya hidup tinggi menjadi biaya hidup terjangkau,” tutur Anies.




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x