Kompas TV nasional rumah pemilu

Jawab Kesiapan Jadi Cawapres Anies, AHY: Saya Orang yang Selalu Optimistis

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 23:04 WIB
jawab-kesiapan-jadi-cawapres-anies-ahy-saya-orang-yang-selalu-optimistis
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) seusai berdialog dengan sejumlah pemuda di kawasan Kotabaru, Yogyakarta, Kamis (20/7/2023) malam. (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjawab pertanyaan mengenai kesiapannya menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan.

AHY yang ditemui di kawasan Kotabaru, Yogyakarta, Kamis (20/7/2023) malam, usai diskusi dengan sejumlah mahasiswa dari beberapa kampus di Yogyakarta, menyebut dirinya adalah orang yang selalu optimistis.

“Insyaallah saya adalah orang yang selalu optimis dan ingin terus mempersiapkan diri. Saya merasa harus terus bekerja, karena kita tidak hanya ingin berlayar, tapi ingin menang,” ucapnya menjawab pertanyaan tentang kesiapan sebagai cawapres.

“Oleh karena itu, setiap saat harus meningkatkan performance kita, termasuk semakin baik diterima oleh masyarakat, semakin jelas narasi yang kita perjuangkan, substansinya harus jelas,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, AHY juga menjawab pertanyaan tentang hasil survei sejumlah lembaga yang menyebut pasangan Anies Baswedan-AHY memiliki kans yang bagus.

Menurutnya, pihaknya menempatkan hasil survei sebagai potensi dan modal dasar, tetapi ia tidak ingin hanya unggul di survei.

“Saya pikir, pertama, harus kita nilai atau tempatkan sebagai ini sebagai potensi, sebuah modal, modal dasar. Tapi tidak akan ke mana-mana.”

Baca Juga: AHY Ungkap Upaya Pembegalan Partai Demokrat oleh Tangan Kekuasaan: Ini Tidak Patut Terjadi

“Kita kan tidak mau hanya unggul di survei, kita ingin ya benar-benar unggul di lapangan, artinya survei itu terkonversi menjadi suara riil rakyat di TPS-TPS,” tuturnya.

Ia juga menyebut bahwa dalam beberapa pekan atau beberapa bulan ke depan, kita akan melihat dinamika politik yang seru.

“Yang jelas, tujuh bulan ke depan ini akan begitu intensif, dan beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan ini kita juga akan melihat dinamika yang juga seru.”

Mengenai kegiatan diskusi dengan sejumlah pemuda tersebut, AHY mengaku sangat senang bisa berdialog dan bertatap muka secara langsung dengan generasi muda yang ada di Yogyakarta.

“Kami tadi membahas sejumlah isu yang relevan dengan kondisi Indonesia hari ini. Tadi banyak yang kita tangkap aspirasi,keluh kesah yang disampaikan oleh anak-anak muda.”

Baca Juga: Soal Bakal Cawapres Anies, AHY Sebut Sudah Final Termuat dalam Piagam Koalisi Perubahan

“Ada yang berasal dari komunitas petani, ada yang mewakili sektor pendidikan, guru, ada yang mewakili kelompok pengusaha muda, ada yang mewakili pecinta lingkungan hidup, dan sebagainya,” imbuh dia.

Menurutnya, hal ini merupakan energi tersendiri untuk semakin semangat mengusung perubahan dan perbaikan ke depan.

“Pemilu tinggal tujuh bulan ke depan, kurang lebih, tentunya Demokrat semakin serius, semakin solid untuk bisa menyongsong kesuksesan bersama.”


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x