Kompas TV nasional rumah pemilu

Sekjen PDI-P: Megawati akan Konsultasikan Bakal Cawapres Ganjar dengan Jokowi dan Parpol

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 09:08 WIB
sekjen-pdi-p-megawati-akan-konsultasikan-bakal-cawapres-ganjar-dengan-jokowi-dan-parpol
Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batu Tulis, Sabtu (8/10/2022). (Sumber: PDI Perjuangan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri akan mengkonsultasikan sosok bakal cawapres Ganjar Pranowo bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan jajaran partai politik (parpol) pendukung.

Diketahui, kini Ganjar selain dari PDI-P sudah mendapatkan dukungan dari PPP, Hanura, dan Perindo untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. 

Ia menjelaskan, kini Megawati sudah menggodok 10 nama calon pendamping Ganjar untuk sebelum nantinya diumumkan kepada publik yang rencananya pada September 2023.

Baca Juga: LSI Nilai Erick Thohir Sulit jadi Cawapres Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto, Ini Pertimbangannya

"Sehingga ada 10 bakal cawapres yang akan digodok hingga Agustus, sehingga September sudah siap. Tapi apakah Ibu Megawati Soekarnoputri bersama ketua umum yang mengusung Pak Ganjar akan mengumumkan pada bulan itu (September), kita akan konsultasikan bersama termasuk dengan Presiden Jokowi," kata Hasto dalam program Satu Meja The Forum KompasTV, Rabu (12/7/2023).

Hasto menyebut, sepuluh nama bakal cawapres tersebut merupakan komposisi usulan dari Presiden Jokowi dan Megawati. 

"Bulan Juli dan Agustus ini kan penggodokan terhadap bakal calon wakil presiden yang tanggal 22 April Presiden Jokowi sudah menyampaikan ke publik nama-nama yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo. Kemudian, ibu ketum Megawati Soekarnoputri menambahkan," ujarnya. 


Megawati minta publik sabar

Sebelumnya, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri meminta publik bersabar menantikan pasangan bacapres ganjar Pranowo.

Menurut Presiden ke-5 Indonesia ini, pasangan Ganjar akan diumumkannya di waktu yang tepat.

"Sabar saja. Tunggu pengumuman saya," ucap Megawati singkat usai meresmikan Animalium BRIN di Cibinong, Jawa Barat, Rabu (5/7/2023), dalam liputan Jurnalis KompasTV Ni Putu Krisnanda dan Wandi Yansen.

Sementara itu isu bakal pasangan Ganjar telah hilir mudik di tengah publik. Beberapa nama yang menonjol telah mengemuka.

Di antaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang baru saja berpindah partai dari Gerindra ke Partai Persatuan Pembangunan.

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir yang juga Ketua PSSI, Gubernur Ridwan Kamil yang baru saja bergabung dengan Partai Golkar, hingga sekaliber Menkopolhukam Mahfud MD.

Baca Juga: Head to Head Ganjar, Prabowo dan Anies jika Pilpres 2 Putaran versi Survei LSI

Nama-nama di atas juga muncul dalam berbagai survei sebagai tokoh yang cocok mendampingi Ganjar Pranowo.
 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x