Kompas TV nasional humaniora

Kakek Juhani, Jemaah Haji yang Minta Turun Pesawat untuk Beri Makan Ayam Kini Wukuf di Arafah

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 18:33 WIB
kakek-juhani-jemaah-haji-yang-minta-turun-pesawat-untuk-beri-makan-ayam-kini-wukuf-di-arafah
Jemaah calon haji lansia dari Majalengka, Jawa Barat, Juhani didampingi petugas haji Yuyud Aspiyudin, saat melakukan wukuf di Arafah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Fadhilah

MAKKAH, KOMPAS.TV - Kakek Juhani, jemaah lansia calon haji yang sempat viral di media sosial karena minta turun dari pesawat untuk memberi makan ayam, kini sedang melaksanakan wukuf di Arafah, Makkah, Selasa (27/6/2023).

Juhani yang berasal dari Majalengka, Jawa Barat, pada Selasa (27/6/2023) siang, sedang berada di dalam tenda yang disiapkan Pemerintah Indonesia di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi.

Dengan didampingi petugas haji Majalengka, Yuyud Aspiyudin, Kakek Jauhani mengaku merasa senang dan sedang dalam keadaan sehat saat bersiap melaksanakan ibadah wukuf, yang merupakan puncak ibadah haji itu.

Meski tak lancar berbahasa Indonesia, pendengaran dan penglihatan kakek berusia 95 tahun itu masih cukup tajam.

Ia masih dapat mendengar dan mengenali wajah anaknya, Endi Suhendi, melalui gawai yang dibawa oleh Yuyud untuk melakukan panggilan video yang disiarkan dalam program Breaking News Kompas TV.

"Bagaimana kabarnya, abah?" tanya Endi dalam bahasa Sunda, Selasa (27/6/2023).

"Sehat, amin," jawab Juhani yang merupakan jemaah haji tertua dari Majalengka itu.

Baca Juga: Jemaah Calon Haji Padati Padang Arafah, Wukuf Dimulai Siang Ini hingga Maghrib Waktu Arab Saudi

Menurut Yuyud, selama berada di Madinah dan Makkah, Kakek Juhani tak pernah sakit.

Tubuhnya yang memasuki usia renta nyatanya selalu bugar setiap melaksanakan rangkaian ibadah haji bersama ratusan ribu jemaah asal Indonesia lainnya.

Endi mengatakan, ayahnya telah mendaftar haji sejak tahun 2012 dan beberapa kali terhalang untuk berangkat ke Tanah Suci lebih awal.

"Tahun 2017 yang mengajukan program lansia si bapak, cuma nggak kebagian, mau berangkat antara tahun 2020 namun terhalang corona," ungkap Endi.

Akhirnya, pria yang sehari-harinya bertani dan beternak ayam dan kambing itu mewujudkan mimpinya ke Tanah Suci seorang diri pada 2023 ini.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x