Kompas TV nasional rumah pemilu

NasDem Berharap Anies Pilih Yenny Wahid Jadi Bakal Cawapres di Pilpres 2024

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 18:24 WIB
nasdem-berharap-anies-pilih-yenny-wahid-jadi-bakal-cawapres-di-pilpres-2024
Foto arsip. Yenny Wahid menjelaskan, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengelompokkan kegiatan jelang hari ulang tahun NU yang ke-100 menjadi sembilan rumpun besar. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali berharap bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, akan memilih putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid, menjadi pendampingnya di Pilpres 2024. 

"Sebagai seorang sahabat dari Yenny, saya akan mengatakan, saya akan sangat bahagia, jika dia dipilih Anies jadi calon wakil presiden,” kata Ahmad Ali, Jumat (23/6/2023), seperti dikutip dari Kompas.com

Baca Juga: Siswono Yudo Husodo: Saya Tak Yakin Surya Paloh Pilih AHY Jadi Bakal Cawapres Anies

Menurut dia, tokoh seperti Yenny yang memiliki kapasitas dan memiliki rekam jejak yang baik, sudah sepantasnya dipertimbangkan Anies menjadi bakal cawapresnya. 

"Naif kalau kita katakan Yenny Wahid itu tidak menjadi salah satu orang yang dipandang pantas mendampingi Anies,” ujarnya. 

Ia lalu menjelaskan sejumlah kelebihan Yenny. Pertama, kata Ahmad Ali, Yenny merupakan figur yang bisa mewakili Nahdlatul Ulama (NU). 

Sebab, ia merupakan cucu KH Wahid Hasyim, pendiri NU, dan mewarisi pemikiran Gus Dur sebagai figur yang menjunjung tinggi pluralisme. 

“Pikiran-pikiran Gus Dur itu tergambar dalam diri seorang Yenny Wahid, karena dia punya waktu yang cukup mendampingi almahrum Gus Dur selama hidup beliau." 

"Saya mengapresiasi, siapa pun yang menjadi presiden harusnya mempertimbangkan Yenny Wahid sebagai salah satu (kandidat) wakil presiden,” katanya.

Sebelumnya, Anggota Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan Sudirman Said menyebut Anies Baswedan tinggal mencari waktu terbaik untuk mengumumkan nama bakal cawapresnya.

Baca Juga: Usai Ibadah Haji, Anies Baswedan Akan Umumkan Bakal Cawapresnya!

Kemungkinan, waktu terbaik itu ialah usai ia kembali dari melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Sudirman juga menyebut, Anies telah memberitahukan nama bakal cawapres pilihannya kepada para ketua umum partai pendukung.


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x