Kompas TV nasional hukum

Sambangi PN Jaksel, Ibu Amanda Mohon Izin Anaknya Tak Hadiri Sidang Mario Dandy karena Batu Ginjal

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 17:02 WIB
sambangi-pn-jaksel-ibu-amanda-mohon-izin-anaknya-tak-hadiri-sidang-mario-dandy-karena-batu-ginjal
Opy Dewi, ibunda dari Anastasia Pretya Amanda (19), mengajukan permohonan agar sang anak dibolehkan tidak hadir pada sidang Mario Dandy dan Shane Lukas. (Sumber: Kompas.com/Dzaky Nurcahyo)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Opy Dewi, ibunda dari Anastasia Pretya Amanda (19), mengajukan permohonan agar sang anak dibolehkan tidak hadir pada sidang Mario Dandy Satriyo (20) dan Shane Lukas (19), Selasa (20/6/2023).

Permohonan absen tersebut disampaikan saat Opy menyambangi Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

"Iya, kami mengajukan permohonan seperti itu (tidak hadir), yang mana sudah diambil sumpah ya," tutur Opy di PN Jakarta Selatan, dikutip Kompas.com.

Menurut Opy, Amanda harus menjalani operasi besar, sehingga diperkirakan tidak bisa bersaksi dalam beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Saat Hakim Tegur Jaksa Terlambat Gelar Sidang Lanjutan Mario Dandy dan Shane Lukas

Meski demikian, ia berharap agar keterangan Amanda dalam berita acara pemeriksaan (BAP) Polda Metro Jaya dapat digunakan dalam persidangan.

"Karena Amanda sudah melakukan BAP konfrontasi dengan Mario Dandy di Mapolda Metro pada tanggal 1 atau 2 Mei, saya agak lupa, setelah Lebaran,” katanya.

“Nah itu ada rekamannya, jadi kami berpikir bahwa itu sudah cukup bisa dibacakan," tutur dia.

Opy menjelaskan, jaksa penuntut umum belum memberikan tanggapan atas permohonannya tersebut.

"Belum (ada tanggapan permohonan), ini pengacara lagi di ruang JPU, karena memang tidak memungkinkan, akhir bulan ini baru akan dilakukan tindakan yang kedua, yakni laser batu ginjal," imbuhnya.

Sebelumnya, kuasa hukum Amanda, Enita Edyalaksmita mengatakan bahwa kliennya absen lantaran tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

"Klien kami berada di rumah sakit, belum lama ini dirawat. Jadi enggak bisa hadir (jadi saksi)," kata Enita, Kamis (15/6/2023).

Namun,  Enita tak menjelaskan bahwa kliennya akan menjalani operasi batu ginjal. Ia hanya menyebut bahwa kliennya diduga menderita autoimun.

"Dia sebenarnya baru keluar dari rumah sakit setelah dirawat karena batu ginjal. Sekarang dia dirawat lagi dengan penyakit berbeda (autoimun)," ungkap Enita.

Baca Juga: Sakit, Anastasia Amanda Mantan Kekasih Mario Dandy Batal Bersaksi di Sidang Penganiayaan David Ozora

Sebagai informasi pada persidangan lanjutan kasus dugaan penganiayaan dengan terdakwa Mario Dandy dan Shane Lukas, JPU berencana menghadirkan sejumlah saksi selain Amanda.

Salah satunya AG, mantan kekasih Mario Dandy juga terdakwa dalam kasus ini.

"Selain Amanda, ada anak AG, Rafael Benitez, Kriswanda Olivier, Albertus Fernando, satu lagi Abdaned," ucap JPU Kamis lalu.

Namun, AG juga batal bersaksi hari ini. AG akan menjadi saksi terakhir yang dihadirkan jaksa.




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x