Kompas TV nasional hukum

Tiga Jam Diperiksa KPK, Mentan Syahrul Yasin Limpo Ucapkan Terima Kasih

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 16:03 WIB
tiga-jam-diperiksa-kpk-mentan-syahrul-yasin-limpo-ucapkan-terima-kasih
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai menjalani pemeriksaan penyidik KPK di Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC), Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usai memberikan keterangan kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengucapkan terima kasih dan berjanji akan kooperatif.

Mentan Syahrul memberikan keterangan kepada KPK terkait dugaan tindak pidana korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian, selama tiga jam sejak pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB di Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC), Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2023).

Syahrul mengatakan penyidik KPK yang memeriksanya telah bekerja secara profesional. Ia pun bersedia hadir memenuhi undangan KPK kapan saja saat dibutuhkan.

"Saya sudah diperiksa secara profesional, saya terima kasih dan saya tetap akan kooperatif kapan pun dibutuhkan saya siap hadir," kata Syahrul usai menjalani pemeriksaan, Senin, seperti dilansir Kompas.com.

Baca Juga: Tak Biasa, KPK Gali Keterangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Gedung Lama

Ia mengaku baru dapat memenuhi panggilan KPK hari ini karena tak bisa datang pada waktu yang dijadwalkan sebelumnya.

“Hari ini saya memenuhi panggilan dari KPK, yang selama ini dua kali sebelumnya dipanggil, saya dalam kegiatan yang terkait kegiatan negara,” ujar Syahrul, dilansir Antara.

Syahrul beralasan, tak bisa memenuhi pemanggilan kedua lembaga antirasuah itu karena harus menghadiri pertemuan G20 di India.


Ia juga mengaku telah meminta agar pemanggilan KPK dijadwalkan ulang pada 27 Juni 2023. Permintaan tersebut tak dipenuhi KPK yang mengundang dirinya untuk hadir pada hari ini.

“Tetapi, walaupun permintaan saya sampai tanggal 27 Juni 2023 karena berbagai kegiatan yang di Korea Selatan sudah bisa kita selesaikan di G20 di India itu, hari ini saya memenuhi panggilan itu secara baik,” jelasnya.

Baca Juga: Usai Beri Keterangan ke KPK, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Janji Akan Kooperatif

Saat keluar dari gedung, Syahrul yang mengenakan kemeja putih dengan jas dan celana hitam itu irit bicara soal isi pemeriksaan penyidik KPK.

"Saya udah jawab tadi," kata politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu, dipantau dari program Breaking News Kompas TV.

Sebelumnya, KPK telah melakukan penjadwalan ulang pemanggilan terhadap Syahrul. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menegaskan pihaknya akan kembali mengundang Syahrul pada 19 Juni 2023.

"Tim penyelidik segera kirimkan kembali undangan permintaan keterangan dimaksud untuk dapat hadir pada Senin (19/6)," kata Ali Fikri, Jumat (16/6).

Baca Juga: Penuhi Panggilan KPK, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo: Saya Sudah Jawab

Ali Fikri menyebut keterangan Mentan Syahrul sangat dibutuhkan dalam proses penyelidikan yang sedang dilakukan KPK terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

"Sehingga segera dapat kami lakukan analisis untuk menentukan sikap berikutnya pada tahap proses penyelidikan ini," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x