Kompas TV nasional politik

Eriko Sebut PPP, PAN dan Perindo Tidak Keberatan Puan Ajak AHY Bertemu Bahas Pilpres 2024

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 06:15 WIB
eriko-sebut-ppp-pan-dan-perindo-tidak-keberatan-puan-ajak-ahy-bertemu-bahas-pilpres-2024
Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga di program Kompas Malam KOMPAS TV, Senin (12/6/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat sedang mencari waktu yang pas untuk agenda pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga meyakini pertemuan kedua pimpinan partai itu akan terjadi, mengingat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah meminta Puan untuk bertemu dan menjalin komunikasi dengan partai lain. 

Di sisi lain, rencana pertemuan Puan dengan AHY juga mendapat respons yang baik dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). 

"Saya melihat respons sahabat kami ini semua baik, karena kita memberikan kesempatan yang sama," ujar Eriko di program Kompas Malam KOMPAS TV, Senin (12/6/2023).

Eriko menambahkan, pertemuan Puan dengan AHY tidak terlepas dari masuknya nama putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu dalam daftar kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Panowo.

Baca Juga: AHY Masuk Radar PDI Perjuangan, PKS Mengaku Tak ‘Baper’ soal Pertemuan Antar Elite Parpol!

Menurut Eriko, selain AHY, PDIP juga akan mengagendakan pertemuan dengan kandidat bacawapres Ganjar, baik yang ada di daftar PDIP maupun rekomendasi dari tiga partai politik pendukung Ganjar, yakni PPP, PAN, dan Perindo.

"PPP mengusulkan empat calon. Apakah nanti PPP mengerucutkan jadi satu calon? Silakan saja. PAN sudah menyampaikan keinginannya, Perindo ada pengajuan juga. Begitu juga nantinya kalau ada pengajuan dari Demokrat," ujar Eriko.

Lebih lanjut Eriko menilai, wajar saja setiap partai menginginkan kadernya terpilih sebagai bacapres ataupun bacawapres karena mengejar efek ekor jas untuk Pileg 2024.

Begitu juga dengan Demokrat yang menginginkan AHY masuk sebagai bakal cawapres ataupun capres. Namun, terkait apakah nantinya dari pertemuan Puan dan AHY terlahir kesepakatan, Eriko menyebut hal tersebut bisa saja terjadi.

Baca Juga: Nasdem Yakin Demokrat Tak Akan Tinggalkan Anies, Meski AHY dan Puan Berencana Bertemu

"Apakah nanti terjalin kesepakatan? Kita lihat nanti ke depannya. Tapi yang pasti, hubungan baik antar-politik harus terjaga, dan itu yang ingin ditunjukkan juga bahwa kita memberikan kesempatan yang sama," ujar Eriko.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkapkan beberapa nama kandidat bacawapres Ganjar Pranowo. Ada lima dari 10 nama yang disebutkan Puan masuk dalam daftar bacawapres Ganjar di PDIP. 

Mereka yakni Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Nama-nama itu masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan," ujar Puan usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI-P di Sekolah Partai DPP PDI-P, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x